"JUDEX SET LEX LAGUENS" Sang Hakim adalah hukum yang berbicara.

Meja Dekan

Tahun 2024 merupakan tahun yang istimewa bagi Fakultas Hukum Universitas Indonesia dengan adanya momentum 100 tahun Pendidikan Tinggi Hukum Indonesia. Pendidikan tinggi hukum di Indonesia terus berkembang seiring dengan perkembangan hukum dan masyarakat. Ini adalah evolusi yang penting, dan kita perlu mempersiapkan para sarjana hukum lebi lagi dalam menghadapi tantangan hukum yang semakin kompleks di masa depan. Oleh karena itu, saya mendorong kepada seluruh sivitas akademika agar tidak ragu untuk berinovasi dalam metode pengajaran, mengejar penelitian yang relevan, dan berbagi pengetahuan dengan kolaborator di dalam dan di luar universitas. Ketika kita terus berkembang sebagai pengajar dan peneliti, kita memberikan kontribusi yang berharga bagi kemajuan ilmu hukum dan masyarakat secara keseluruhan.

Di tengah-tengah guncangan global seperti perang Israel Hamas, Ukraina, dan lainnya, kita juga menghadapi ancaman yang semakin besar terhadap demokrasi, dampak perubahan iklim yang semakin parah, dan polarisasi politik. Untuk itu, dalam menghadapi musim pemilu tahun 2024, staf pengajar memiliki tanggung jawab besar untuk menjadi teladan dalam mempromosikan budaya dialog yang bijak dan objektif di lingkungan pendidikan. Kita harus menekankan pentingnya menghormati beragam pandangan politik dan mendukung diskusi yang konstruktif. Saat membimbing mahasiswa, mari berusaha untuk mengembangkan keterampilan analisis kritis dan pemahaman mendalam tentang isu-isu politik, sehingga mereka dapat membuat keputusan yang cerdas dan terinformasi. Dalam semua tindakan kita, mari tetap menjaga integritas akademik dan menjauhi partisanisme, dan dengan demikian, kita dapat memberikan kontribusi berarti pada proses demokrasi yang sehat dan berkelanjutan di Indonesia.

Dalam memasuki abad kedua ini, mari kita jadikan momentum untuk lebih bersemangat, lebih kreatif, dan lebih berdedikasi dalam berkarya. Bersama-sama, kita akan terus memimpin dalam memahami dan menghadapi perubahan-perubahan hukum yang sedang terjadi di dunia ini. Saya berharap bahwa semangat dan dedikasi kita akan menginspirasi mahasiswa kita, alumni kita, dan juga rekan-rekan kita di dunia akademik.

Akhir kata, saya mengucapkan terima kasih atas kerja keras, komitmen, dan semangat para Sivitas Akademika dalam mendukung Fakultas Hukum Universitas Indonesia di tahun 2023. Mari bersama-sama menjadikan tahun 2024 sebagai tahun yang penuh prestasi dan kemajuan bagi kita semua. Teruslah berkontribusi pada perkembangan hukum Indonesia dan dunia, karena bersama kita bisa mencapai hal-hal yang luar biasa.

Selamat Tahun Baru 2024!

Dekan,
Dr. Parulian Paidi Aritonang, S.H., LL.M., MPP.

About the author

➖ Kampus UI Depok Jl. Prof. Mr. Djokosoetono, Kampus FHUI Gedung A Depok 16424, Jawa Barat Telepon (021) 7270003, 7863288 Faks (021) 7270052. E-mail: humas-fh@ui.ac.id & lawschool@ui.ac.id ... ➖ Kampus UI Salemba Gedung IASTH Lt. 2, Jl. Salemba Raya No.4, Jakarta 10430 Tel : (021) 31909008 Faks : (021) 39899148