"JUDEX SET LEX LAGUENS" Sang Hakim adalah hukum yang berbicara.
Portal UI

Promosi Doktor Robert: “Prinsip Itikad Baik dalam Pemeriksaan Permohonan Kepailitan dan Penundan Kewajiban Pembayaran Utang di Indonesia”

Fakultas Hukum Universitas Indonesia > Berita > Promosi Doktor Robert: “Prinsip Itikad Baik dalam Pemeriksaan Permohonan Kepailitan dan Penundan Kewajiban Pembayaran Utang di Indonesia”

Program Studi Doktor Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia kembali melaksanakan kegiatan sidang promosi saudari Robert. Promosi doktor ini dilakukan secara Hybrid (Luring dan Daring) melalui zoom meeting dan di Balasidang Kampus FHUI, pada Sabtu, 8 Januari 2022.

Robert berhasil meraih Gelar Doktor usai mempertahankan disertasinya yang berjudul: “Prinsip Itikad Baik dalam Pemeriksaan Permohonan Kepailitan dan Penundan Kewajiban Pembayaran Utang di Indonesia”

Dalam disertasinya, Robert menjelaskan mengenai prinsip itikad baik harus dijunjung tinggi oleh debitor dan kreditor dalam pengajuan permohonan pailit dan PKPU. Prinsip itikad baik tidak diatur dalam rezim kepailitan Indonesia, akibatnya Lembaga kepailitan Indonesia sering disalahgunakan oleh debitor dan kreditor yang tidak beritidak baik. Penelitian ini bermaksud untuk memberikan gambaran bahwa prinsip itikad baik menjadi suatu hal yang penting keberadaanya dalam rezim kepailitan Indonesia.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prinsip itikad baik penting untuk melindungi integritas dari Pengadilan Niaga, hasil perbadingan dengan putusan Pengadilan Kepailitan Amerika Serikat terdapat berbagai standar yang didasarkan dari kejujuran dan motif dari debitor dan kreditor dalam mengajukan permohonan pailit dan untuk mencegah serta memberantas penyalahgunaan Lembaga pailit, perlu diadakan penerapan prinsip itikad baik dalam bentuk sejumlah pengaturan dalam rezim kepailitan Indonesia.

Sidang ini diketuai oleh Dr. Edmon Makarim, S.Kom., S.H., LL.M. dengan anggota terdiri atas: Promotor, Prof. Dr. Rosa Agustina, S.H., M.H., Kopromotor, Kurnia Toha, S.H., LL.M., Ph.D., Prof. Dr. Ningrum Natasya, SH. M.LI dengan tim penguji, Dr. Nurul Elmiyah, S.H., M.H., Dr. Freddy Harris, S.H., LL.M., Dr. Yetty Komalasari Dewi, S.H.,M.L.I., Dr. Akhmad Budi Cahyono, S.H., M.H., Dr. Sonyendah Retnaningsih S.H., M.H., Dr. Zulkarnain Sitompul, S.H., LL.M.

Setelah memaparkan disertasinya dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh dewan penguji, Robert ditetapkan sebagai Doktor Ilmu Hukum dengan lulus meraih predikat Memuaskan.

Saudara Robert adalah Doktor ke 285 (dua ratus delapan puluh lima) yang dihasilkan oleh Program Studi Ilmu Hukum, Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Indonesia , merupakan Doktor ke 3 (tiga) yang lulus di tahun 2022 dan Doktor ke 250 (dua ratus lima puluh) yang lulus setelah Program Pascasarjana diselenggarakan langsung oleh Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

About the author

➖ Kampus UI Depok Jl. Prof. Mr. Djokosoetono, Kampus FHUI Gedung A Depok 16424, Jawa Barat Telepon (021) 7270003, 7863288 Faks (021) 7270052. E-mail: humas-fh@ui.ac.id & lawschool@ui.ac.id ... ➖ Kampus UI Salemba Gedung IASTH Lt. 2, Jl. Salemba Raya No.4, Jakarta 10430 Tel : (021) 31909008 Faks : (021) 39899148