"LEX PROSPCIT, NON RESPICIT" Hukum melihat kedepan, bukan kebelakang.
Portal UI

Meja Dekan

Dari Meja Dekan

Yang terhormat Bapak/ibu Civitas Academica FHUI serta segenap kolega Keluarga Besar FHUI yang kami hormati dan kami banggakan.

Pertama-tama, segala puji dan syukur tak lupa kita panjatkan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberikan rahmat, karunia dan anugerahNya yang tak terhingga sehingga kita senantiasa diberikan kesehatan dan semangat ketangguhan dalam menekuni pekerjaan kita masing-masing. Di tengah situasi global pandemi Covid-19 yang masih belum selesai ini, tentunya kita jangan sampai terlarut dalam kesedihan atau pun kekhawatiran dalam menghadapi semua ujian kehidupan ini. Melainkan tetap harus bersemangat membangun optimisme sehingga dapat meningkatkan energi dan mempertinggi mutu nilai ibadah kita dalam menjalankan pekerjaan.

Seperti kita ketahui bersama, pada tahun 2021 ini, FHUI ditempatkan dalam peringkat 151-200 oleh QS World University Ranking by Subject Law. Kita semua wajib bersyukur atas pencapaian angka tersebut, karena tentu atas ikhtiar dan kontribusi semua anggota keluarga besar FHUI kita mendapatkan apresiasi penilaian tersebut. Namun, pada sisi yang lain seyogyanya kita juga harus tetap mawas diri, tidak boleh cepat berpuas diri atau pun berbangga atas penilaian tersebut. Makna yang terpenting secara kualitatif bukanlah yang terbaik secara angka, karena dalam suatu sistem komputasi turun dan naiknya angka adalah suatu kelaziman dan akan sangat tergantung kepada dinamika yang terjadi.

Terlebih dari itu, hakikat kebanggaan dan kebahagiaan Fakultas dan alumninya adalah kepada fungsi dan peran dalam memberikan manfaat dan kontribusi kepada bangsa dan negara. Tidak lain, angka yang disematkan tersebut selayaknya merupakan amanah bagi kita semua untuk dapat mengambil hikmah dan lebih bersemangat dalam menyongsong 100 tahun FHUI. Sungguh besar harapan kita semua dan segenap komponen bangsa untuk terwujudnya penyelenggaraan pendidikan dan sistem hukum yang baik. Tidak hanya untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan berintegritas, namun juga meningkatkan keterpaduan fungsi dan peran bersama secara kolegial unsur Fakultas beserta alumninya yang secara Bersama-sama berkontribusi pada pembangunan dan penyelenggaraan sistem hukum yang baik.

Menjelang seabad keberadaannya, FHUI tengah berkontemplasi dan melakukan pembenahan diri guna meningkatkan kontribusinya dalam mutu penyelenggaraan pendidikan hukum dan pembentukan sistem hukum nasional yang mempunyai pengaruh secara regional dan global. Selaku Fakultas Hukum tertua di Indonesia, tentu telah banyak perjuangan dan suri tauladan yang telah ditorehkan oleh para senior kita terdahulu dalam kontribusinya mempersiapkan dan membangun bangsa dan negara Indonesia. Amanat perjuangan tersebut tidak boleh terlepas dari karakter civitas academica FHUI dan juga alumninya yang terus diwariskan kepada generasi mendatang. Mencerdaskan dan mensejahterakan Bangsa dan Negara Indonesia di tengah peliknya tantangan peradaban manusia masa mendatang. Marilah kita bersama membangun inklusifitas dan kolaborasi dengan semua komponen bangsa demi pengembangan mutu pendidikan Hukum dan juga pembentukan sistem hukum nasional, regional dan internasional demi kesejahteraan dan kejayaan bangsa Indonesia di masa mendatang.

Akhirul kalam, perkenankan kami menghaturkan banyak terima kasih yang tak terhingga kepada bapak/ibu semua kolega dan unsur Fakultas serta Universitas, segenap pimpinan UI dan jajarannya, Senat Akademik, Dewan Guru Besar, Majelis Wali Amanat, para Dosen, Senat dan Guru Besar Fakultas, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa dan Alumni serta semua lapisan anggota masyarakat. Semua bantuan, simpati, doa, masukan, serta kritisi kepada Fakultas senantiasa dibutuhkan demi perbaikan fungsi dan peran kita semua sebagai suatu Keluarga Besar Fakultas Hukum untuk kemajuan bangsa dan negara. UI adalah Untuk Indonesia.

 

Salam hormat,

Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

About the author

➖ Kampus UI Depok Jl. Prof. Mr. Djokosoetono, Kampus FHUI Gedung A Depok 16424, Jawa Barat Telepon (021) 7270003, 7863288 Faks (021) 7270052. E-mail: humas-fh@ui.ac.id & lawschool@ui.ac.id ... ➖ Kampus UI Salemba Gedung IASTH Lt. 2, Jl. Salemba Raya No.4, Jakarta 10430 Tel : (021) 31909008 Faks : (021) 39899148