"LEX PROSPCIT, NON RESPICIT" Hukum melihat ke depan, bukan kebelakang.
Portal UI

Meja Dekan

MEJA DEKAN

Menjelang tiga bulan terakhir dari masa tugas saya sebagai Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI), ternyata berbagai aktivitas di FHUI tidak berkurang, tapi justru bertambah. Pada September ini, masa perkuliahan semester baru dimulai. Mahasiswa baru Angkatan 2017 mulai mengikuti perkuliahan, begitu juga para seniornya. Pada akhir September, akan dilakukan kegiatan rutin tiap tahun, yakni pertemuan pimpinan FHUI dengan para orang tua mahasiswa baru. Kegiatan ini ditujukan untuk bersilaturahmi antara pimpinan FHUI dengan para orang tua mahasiswa baru  dan menjelaskan berbagai informasi mengenai perkuliahan di FHUI, serta kegiatan kemahasiswaan.

Pada bulan yang sama, juga ada dua kegiatan fakultas yang cukup besar, yang diselenggarakan di luar kota.Tanggal 9—11 September 2017 ada rapat bersama tiga organ di FHUI, yakni Manajemen, Senat Akademik Fakultas, dan Dewan Guru Besar Fakultas di kota Yogyakarta. Setelah itu, menjelang akhir September 2017 dilaksanakan kegiatan Capacity Building seluruh dosen dan tenaga kependidikan FHUI, yang mengambil tempat di kota Semarang. Semua kegiatan itu dilakukan dalam rangka terus meningkatkan integrasi, koordinasi, keakraban, serta penguatan kapasitas semua komponen di FHUI.

Pada bulan Oktober 2017, akan diadakan cukup banyak kegiatan dalam rangkaian Dies Natalis FHUI Ke-93 (dihitung sejak 28 Oktober 1924 saat berdirinya Rechtshoge School di Batavia). Kegiatan dies natalis akan diisi dengan berbagai acara ilmiah, hiburan, dan sosial untuk membantu masyarakat di sekitar kampus. Seluruh dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan diharapkan ikut terlibat aktif dalam kegiatan ini.

Pada bulan Oktober—November 2017 diharapkan dapat terbit buku Sejarah FHUI yang telah lama kita idamkan. Seiring dengan itu, akan diluncurkan juga video sejarah FHUI, video profile FHUI yang baru, pengumuman pemenang, serta peluncuran Hyme dan Mars FHUI, yang saat ini sedang dilombakan. Pada awal November, FHUI akan mengadakan satu konferensi yang besar, yaitu the 1st ICLAVE (International Conference on Law and Governance in Global Context), yang akan melibatkan para pembicara dari berbagai universitas dari berbagai negara.

Pada akhir November atau awal Desember 2017 akan diadakan kegiatan Simposium Akhir Masa Jabatan Dekan FHUI. Kegiatan ini akan diisi antara lain dengan orasi, pameran dan peluncuran buku yang berjudul “Hari Tanpa Jeda, 4 tahun Melayani FHUI.” Kegiatan ini menandai akan berakhirnya masa tugas saya sebagai Dekan FHUI, yang telah mengabdi sejak 20 Desember 2013.

Akhirul kalam, pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak, yang telah bekerjasama bersama saya membangun FHUI hingga seperti saat ini. Terimakasih kepada Bapak Rektor UI yang telah memberi kepercayaan kepada saya sebagai dekan. Juga terimakasih kepada seluruh dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni, kolega para dekan di UI, kolega para dekan fakultas hukum di seluruh Indonesia, para kolega di universitas lain di dalam maupun luar negeri, serta seluruh lembaga yang telah bekerjasama dan mendukung FHUI selama ini. Terima kasih. Mohon maaf jika ada kekurangan dan kesalahan saya dalam memimpin FHUI. Semoga FHUI mendapatkan dekan yang lebih baik setelah periode saya ini. Semoga FHUI makin jaya…jaya… jaya !!!.

About the author

➖ Kampus UI Depok Jl. Prof. Mr. Djokosoetono, Kampus FHUI Gedung A Depok 16424, Jawa Barat Telepon (021) 7270003, 7863288 Faks (021) 7270052. E-mail: humas-fh@ui.ac.id & lawschool@ui.ac.id ... ➖ Kampus UI Salemba Gedung IASTH Lt. 2, Jl. Salemba Raya No.4, Jakarta 10430 Tel : (021) 31909008 Faks : (021) 39899148