"VOX POPULI VOX DEI" Suara rakyat adalah suara Tuhan.
Portal UI

Kemlu dan FHUI Bekerjasama Dalam Konferensi Hukum Internasional di Asia

Fakultas Hukum Universitas Indonesia > Berita > Kemlu dan FHUI Bekerjasama Dalam Konferensi Hukum Internasional di Asia

Development of International Law in Asia (DILA) merupakan yayasan yang didirikan oleh M.C.Q. Pinto (Sri Lanka), Ko Swan Sik (Indonesia), dan J.J.G. Syatauw (Indonesia) pada tahun 1989 untuk mengembangkan hukum internasional khususnya dari perspektif Asia. Konferensi ini diselenggarakan pada tanggal 15-18 Oktober 2019.

Seperti yang dikatakan oleh Dr. iur. Damos Dumoli Agusman, SH, MA. ​Direktorat Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional, bahwa konferensi DILA ini menghadirkan pembicara akademisi, praktisi hukum internasional dari dalam dan luar negeri, terutama dari Asia. 

“Mereka akan membahas berbagai perkembangan hukum internasional di Asia serta kontribusi negara-negara di kawasan terhadap hukum internasional, serta penerapan hukum internasional dalam tataran nasional masing-masing negara,” ujarnya

Isu-isu yang relevan dibahas dalam konferesi DILA itu antara lain: sengketa Laut China Selatan, diskriminasi kelapa sawit di Uni Eropa, perbatasan dan zona ekonomi eksklusif (ZEE). 

Selanjutnya Indonesia yang lahir sebagai sebagai negara kepulauan merupakan hasil perjuangan di bidang hukum internasional yaitu UNCLOS 1982. Kedua, Dengan terpilihnya sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020 Indonesia harus memainkan peran untuk penegakan hukum internasional ini dalam penanganan isu-isu strategis. Ketiga, ditengah-tengah dinamika global dan geopolitik saat ini, penghormatan terhadap hukum internasional menjadi instrument penting, dan Indonesia bersama ASEAN telah merefleksikannya sebagai salah satu prinsip ASEAN Outlook on Indo Pacific.
 
Tahun 2019 diperingati sebagai 30 tahun DILA dan akan menjadi konferensi DILA keempat yang akan dilaksanakan di Indonesia dan yang pertama dilaksanakan dengan bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian Luar Negeri dan Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Tahun ini konferensi tersebut mengambil tajuk “DILA at 30: The Grand Anatomy of State Practice in International Law in Asia for the Last 30 Years: Past, Present, and Future” 
 
 
Konferensi akan menampilkan baik pembicara Indonesia maupun asing yang merupakan para pakar Hukum Internasional di bidangnya masing-masing. Konferensi akan dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, akademisi dan praktisi Hukum Internasional dari negara-negara di Asia serta wakil dari Kementerian/Lembaga terkait. Mereka akan membahas berbagai berbagai perkembangan hukum internasional di Asia serta kontribusi negara-negara di kawasan ini termasuk Indonesia terhadap hukum ini, serta penerapan hukum ini dalam tataran domestik masing-masing negara. 
 
DILA Foundation memiliki beberapa cabang atau chapter lokal di negara masing-masing seperti di Indonesia. Saat ini ketua yayasan DILA yakni Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D.  FHUI turut mendukung pelaksanaan DILA konferensi merupakan amanat dan permintaan mendiang almarhumah Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Prof. Melda Kamil Ariadno, S.H., LL.M., Ph.D. Ia juga merupakan pakar hukum internasional. Untuk itu FHUI mendukung langsung Republik Indonesia dalam perkembangan hukum internasional di masa depan, yakni melalui DILA. 
About the author

➖ Kampus UI Depok Jl. Prof. Mr. Djokosoetono, Kampus FHUI Gedung A Depok 16424, Jawa Barat Telepon (021) 7270003, 7863288 Faks (021) 7270052. E-mail: humas-fh@ui.ac.id & lawschool@ui.ac.id ... ➖ Kampus UI Salemba Gedung IASTH Lt. 2, Jl. Salemba Raya No.4, Jakarta 10430 Tel : (021) 31909008 Faks : (021) 39899148