"JUDEX SET LEX LAGUENS" Sang Hakim adalah hukum yang berbicara.
Portal UI

Dosen FHUI, Priskila Pratita Penasthika Terbitkan Buku Hukum di Penerbit Internasional

Fakultas Hukum Universitas Indonesia > Berita > Dosen FHUI, Priskila Pratita Penasthika Terbitkan Buku Hukum di Penerbit Internasional

Depok, 11 Agustus 2022. Dosen Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Priskila Pratita Penasthika, menerbitkan buku di penerbit internasional, Eleven International Publishing, Den Haag – Belanda. Buku yang berjudul: Unravelling Choice of Law in International Commercial Contracts – Indonesia as an Illustrative Case Study, merupakan hasil dari penelitian doktoral Priskila di Erasmus Graduate School of Law, Erasmus University Rotterdam-Belanda.

Priskila Pratita Penasthika atau yang akrab dengan panggilan Tita menyatakan bahwa buku ini dilatarbelakangi dari peran penting pilihan hukum para pihak dalam hubungan kontrak internasional, namun implementasinya di berbagai negara berbeda-beda. Sebagian besar negara telah mengakui dan memberlakukan pilihan hukum, tetapi beberapa negara lain bertahan untuk tidak menerima dan memberlakukannya. Keengganan yang masih ada dalam memberlakukan pilihan hukum dianggap menjadi salah satu hambatan dalam kelancaran transaksi komersial internasional.

“Ketaatan yang kaku terhadap asas teritorial, ketiadaan ketentuan khusus atau pedoman untuk memberlakukan pilihan hukum, dan kesulitan dalam memastikan isi hukum asing yang telah dipilih oleh para pihak menjadi sebagian alasan keengganan untuk memberlakukan pilihan hukum. Situasi ini dihadapi oleh beberapa negara, termasuk Indonesia,” ujar Tita.

Buku ini tidak hanya mengungkap alasan keengganan Indonesia untuk memberlakukan pilihan hukum, tetapi juga mengkaji berbagai solusi potensial yang dapat dilakukan untuk mengatasi persoalan tersebut. Dibangun dengan menggunakan penelitian doktrinal yang mendalam, didukung oleh wawancara kualitatif, penelitian ini menjadi referensi penting bagi para akademisi, praktisi, dan pembuat kebijakan yang menaruh minat dan perhatian pada hukum perdata internasional dan litigasi komersial lintas batas.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Dr. Edmon Makarim, menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Priskila Pratita Penasthika atas penerbitan buku hukum oleh penerbit internasional ini. “Pimpinan FHUI terus mendorong para dosen untuk melakukan publikasi internasional di bidang hukum baik dalam bentuk buku maupun artikel jurnal internasional. Kita semua senang dan bersyukur atas terbit buku ini,” ujar Dekan FHUI.  Buku ini telah menambah daftar literatur hukum berbahasa Inggris yang diterbitkan oleh Dosen FHUI  selama tahun 2022. Selamat untuk Ibu Tita dan FHUI.

Judul                   : Unravelling Choice of Law in International Commercial Contracts – Indonesia as an Illustrative Case Study

Penulis                : Priskila Pratita Penasthika

Penerbit              : Eleven International Publishing

Tempat Terbit   : Den Haag – Belanda

Tahun Terbit     : September 2022

Bahasa                : Inggris

About the author

➖ Kampus UI Depok Jl. Prof. Mr. Djokosoetono, Kampus FHUI Gedung A Depok 16424, Jawa Barat Telepon (021) 7270003, 7863288 Faks (021) 7270052. E-mail: humas-fh@ui.ac.id & lawschool@ui.ac.id ... ➖ Kampus UI Salemba Gedung IASTH Lt. 2, Jl. Salemba Raya No.4, Jakarta 10430 Tel : (021) 31909008 Faks : (021) 39899148