"VOX POPULI VOX DEI" Suara Rakyat adalah Suara Tuhan.

AKADEMIK

Mempersiapkan pembelajaran guna bersaing pada tataran regional dan global, FHUI terus-menerus memperbarui komitmennya untuk menyajikan metode-metode pelatihan dan pengajaran termutakhir sesuai dengan standar internasional.

AKADEMIK

Mempersiapkan pembelajar untuk bersaing pada tataran regional dan global, FHUI terus-menerus memperbarui komitmennya untuk menyajikan metode-metode pelatihan dan pengajaran termutakhir sesuai dengan standar internasional.

RINGKASAN

Dengan tujuan mempersiapkan pembelajaran guna bersaing pada tataran regional dan global, FHUI terus-menerus memperbarui komitmennya untuk menyajikan metode-metode pelatihan dan pengajaran termutakhir sesuai dengan standar internasional.

Kurikulum secara inovatif selalu disesuaikan guna mengikuti perkembangan permasalahan hukum di tingkat nasional, regional dan global. Para pengajar didorong untuk memperkuat basis penelitian untuk menjaga agar kuliah-kuliah mereka selalu mutakhir.

Untuk menjembatani kesenjangan antara teori dan praktek, mata kuliah-mata kuliah dengan penekanan pada keterampilan hukum disajikan dalam kerjasama dengan ahli-ahli hukum yang berpraktek. Semakin banyak pula tenaga pengajar yang terlibat aktif dalam praktek hukum, kegiatan legislatif maupun diplomasi internasional, di samping menjalankan tugas sehari-harinya sebagai akademisi.

Pengalaman mereka sangat berharga untuk memperluas wawasan pembelajar dan mempersiapkan mereka untuk memasuki prosei hukum global yang semakin kompetitif.

Manajer Pendidikan dan Kerjasama Internasional

Program Sarjana

Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) menyelenggarakan program pendidikan jenjang strata 1 (S1; Sarjana)  yang bertujuan mencetak sarjana-sarjana hukum andal, yaitu yang (i) menguasai dengan baik hukum dan sistem hukum Indonesia; (ii) Mempunyai keterampilan dasar dan pengetahuan ilmiah untuk mengembangkan hukum dan ilmu hukum; (iii) peka terhadap permasalahan keadilan dan masyarakat; (iv) mampu mengenali dan menganalisis permasalahan hukum; dan, (v) mampu menerapkan hukum dan peraturan perundang-undangan untuk menyelesaikan masalah hukum.

Program Sarjana FHUI hanya menyelenggarakan satu program studi, yaitu Program Studi Ilmu Hukum. Dalam Program studi ini mahasiswa dapat mengarahkan minat mereka dengan berkonsentrasi pada bidang-bidang hukum tertent melalui mata kuliah sesuai dengan peminatan yang ditawarkan oleh Fakultas.

Mata kuliah-mata kuliah dikembangkan dan disampaikan oleh tenaga pengajar yang tergabung dalam beberapa bidang kajian ilmu hukum, antara lain Hukum Keperdataan, Hukum Ekonomi dan Teknologi, Hukum Islam dan Adat, Hukum Pidana, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, Hukum Internasional, dan Hukum Masyarakat dan Pembangunan. Selengkapnya…

Subprogram Sarjana Kelas Internasional

Program Sarjana Kelas Khusus Internasional (KKI) adalah program pendidikan jenjang sarjana yang menerima lulusan SMA/SMK/MA/sedarajat dengan batasan usia ijazah maksimal 5 (lima) tahun setelah kelulusan pada saat pendaftaran.

Saat ini terdapat 3 (tiga) study track yang dapat dipilih oleh mahasiswa KKI.

  1. Single Degree Track
    Skema ini memberikan gelar sarjana hukum (S.H) bagi para lulusannya.
  2. Joint Degree Track
    Memberikan gelar ganda kepada lulusan yaitu Sarjan Hukum dan Bachelor of Law (S.H., LL.B).
  3. Fast Track
    memberikan kesempatan bagi lulusan KI untuk langsung melanjutkan studi S2 (Master of Law/LL.M).

Selengkapnya…

Ketua Subprogram Sarjana Kelas Internasional

Program Pascasarjana

Program Studi Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Universitas Indonesia merupakan Program Studi Magister Kenotariatan tertua di Indonesia (dimulai pada Tahun 1940). Program Studi Magister Kenotariatan memiliki Akreditasi Unggul oleh BAN-PT.

VISI Program Studi Magister Kenotariatan FHUI mengacu pada Visi Fakultas Hukum Universitas Indonesia yaitu, menjadi Pusat Ilmu Hukum Unggulan dan Berdaya Saing di Asia Tenggara.

MISI Program Studi Magister Kenotariatan FHUI yakni menyelenggarakan program studi yang menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan hukum, khususnya dibidang kenotariatan dan pertanahan serta terampil dalam mengaplikasikan ilmu dan keahliannya di berbagai pekerjaan bidang hukum, antara lain sebagai konsultan, in house lawyer, Notaris, dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Selengkapnya…

Dinamika perubahan masyarakat membawa berbagai masalah hukum baru. Globalisasi juga berdampak pada perubahan hubungan antara negara-negara di dunia.

Dalam rangka mengantisipasi berbagai perkembangan baik yang terjadi akibat perubahan masyarakat maupun karena tuntutan globalisasi, Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Indonesia, (FHUI) selaku penyelenggara pendidikan hukum terkemuka di Indonesia -Universitas Indonesia menempati Peringkat I dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia versi THES dan QS 2009- menyelenggarakan pendidikan Magister Ilmu Hukum dengan membuka beberapa peminatan. Selengkapnya…

Sekretaris Program Studi

Program Doktor Ilmu Hukum UI memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang berkualifikasi internasional. Program ini telah bekerjasama dengan berbagai universitas di luar negeri, termasuk Maastricht University dan Groningen University di Belanda dan the University of Washington di Amerika Serikat.

Kualitas penyelenggaraan telah diakui secara nasional dengan diperolehnya Akreditasi Unggul dalam akreditasi nasional oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), berdasarkan surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi BAN-PT No. 11365/SK/BAN-PT/AK-ISK/D/X/2021 pada tanggal 5 Oktober 2021. Pada tahun 2022, FHUI berhasil meningkatkan peringkat internasional menjadi 101-150 dunia pada kategori law and legal studies berdasarkan QS World Ranking.

Kami mengajak mahasiswa hukum di Indonesia maupun di luar negeri untuk bergabung menjadi lulusan program doktor terkemuka di Indonesia. Perkuliahan akan dimulai pada bulan September yang diselenggarakan di dua lokasi, yaitu Kampus Salemba dan Kampus Depok. Selengkapnya…

Sekretaris Program Studi
Humas FH UI