"JUDEX SET LEX LAGUENS" Sang Hakim adalah hukum yang berbicara.
Portal UI

M. Sofyan Pulungan

Dr. M. Sofyan Pulungan S.H., MA.

Lektor/Assistant Professor

M. Sofyan Pulungan adalah staf pengajar pada Bidang Studi Hukum Islam dan Hukum Adat Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Biografi

M. Sofyan Pulungan menjadi staf pengajar hukum adat di Bidang Studi Hukum Islam dan Hukum Adat Fakultas Hukum Universitas Indonesia sejak 2003. Selain mengajar di bidang hukum adat, beliau juga menekuni bidang hukum ekonomi dan filsafat hukum. Sofyan memperoleh gelar Sarjana Hukum dari Fakultas Hukum universitas Indonesia, Master of Arts (MA) in Sociology of Law dari The International Institute for the Sociology of Law (IISL), Onati, Spanyol dan mendapatkan gelar Doktor Ilmu Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia dengan disertasi berjudul “Nilai-nilai Kesatuan Masyarakat Hukum Adat Sebagai Landasan Pembangunan Hukum Perekonomian Nasional: Kajian Historis-Filsofis Pembentukan Ketentuan Pasal 33 Undang-Undang Dasar 1945.”

Sejak awal karir menjadi staf pengajar, Sofyan aktif terlibat dalam berbagai kegiatan penelitian dalam ruang lingkup Hukum Adat, Hukum Ekonomi, Filsafat Hukum, Sosiologi Hukum, Manusia dan Masyarakat Indonesia, diantaranya: Penyusunan Kebijakan Dalam Rangka Pencegahan dan Percepatan Penyelesaian Kasus Pertanahan, Kerjasama FHUI dan BPN Pusat (2021), Meluruskan Masa Lalu, Menata Masa Depan: Kajian Hukum Atas Penanganan Konflik Tanah Ulayat (2021), Kesatuan Masyarakat Hukum Adat Dalam Sejarah Hukum Penanaman Modal (2021), Evaluasi dan Analisis Undang-Undang No. 39 Tahun 2009 Tentang Kawasan Ekonomi Khusus Dengan Nilai-Nilai Pancasila (2021), Pengelolaan Hak Kekayaan Intelektual Bagi Penenundan Usaha Kecil Tenun Tradisional dalam Perpektif Pelestarian Budaya dan Penguatan Ekonomi Lokal (2020), Kajian Historis-Filosofis Nilai-Nilai Kesatuan Masyarakat Hukum Adat dalam Perumusan Ketentuan Pasal 33 Ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945 (2019), Naskah Akademik Rancangan Undang-Undangan Etika Penyelenggaraan Negara (2012), Hubungan Antara Kemiskinan dan Partisipasi Masyarakat Nelayan dalam Implementasi Pembangunan Berkelanjutan di Kepulauan Seribu, Jakarta (2010)

Sofyan juga aktif terlibat dalam pengabdian masyarakat, beliau beberapa kali ditunjuk sebagai narasumber dalam berbagai forum seminar ilmiah, diantaranya: Narasumber Diskusi dalam Rangka Penyusunan Naskah Akademik dan RUU Tentang Perlindungan Pasar Rakyat (Pusat Perancangan Undang-Undang Badan Keahlian DRR R, 2022), Narasumber Pembahasan Kedudukan Hukum Adat dalam Sistem Hukum Nasional dan Hubungan Keperdataan dengan Unsur Asing (Direktorat Otorisasi dan Hukum Internasional, Dirjen AHU, Kementerian Hukum dan HAM, 2022), Narasumber Workshop Penulisan Artikel Jurnal Bereputasi Bagi Mahasiswa Doktor Fakultas Hukum Universitas Indonesia (2021), Narasumber  Webinar Pemanfaatan Kelembagaan Adat dalam Penanganan Pandemi Covid-19: Studi Kasus Desa Adat Penglipuran (2020), Narasumber Penyusunan Himpunan Istilah dan/atau Nomenklatur Hukum dan Penyiaran di Lingkungan Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat, 2019), Narasumber untuk Tanggapan Hasil Penelitian Remotivi terhadap P3SPS dan penerapannya oleh KPI sepanjang tahun 2015 (Remotivi, Pusat Kajian Media & Komunikasi,  2016), Narasumber Pelatihan Peningkatan Kinerja Analisis Isi Siaran KPI Pusat Tenaga Ahli Bidang Hukum (2013).

Selain aktif menjadi narasumber, Sofyan juga dipercaya terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat dilingkup lembaga pemerintah antara lain: Anggota Tim Penyaji Analisis dan Sinkronisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Peraturan Perundang-Undangan Indonesia (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, 2019), Anggota Tim Penyaji Peranan Koperasi dalam Perekonomian Indonesia (Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, 2016). Sedangkan keahlian praktek hukum diabdikan sebagai staf advokasi Pengurus Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta (2000-2002), dan Tenaga Ahli Bidang Hukum di Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat selama 5 tahun berturut-turut (2009-2014).

Sebelum berkarir sebagai akademisi, Sofyan memiliki pengalaman bekerja sebagai jurnalis di Majalah Indikator (1998-2000),  peneliti di Lembaga Kajian Ekonomi Politik (2000-2002), dan Lembaga Kajian Hukum dan Teknologi (2001-2007). Saat ini, Sofyan dipercaya untuk membantu sebagai Sekretaris dan Peneliti di Pusat Kajian Hukum dan Pancasila, Djokosoetono Research Center (2020), dan Kepala Humas dan Protokol Fakultas Hukum Universitas Indonesia (2021).  

Pendidikan

  • Doktor Ilmu Hukum (Dr.) di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2021.
  • Master of Arts (MA) in Sociology of Law di The International Institute for the Sociology of Law (IISL), Onati, Spanyol, 2007.
  • Sarjana Hukum (S.H.), Program Kekhususan Hukum Ekonomi, di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2002.

Mata Kuliah

  • Asas-Asas Hukum Adat
  • Hukum Kekeluargaan dan Kewarisan Adat
  • Hukum Koperasi
  • Filsafat Hukum
  • Manusia dan Masyarakat Indonesia
  • Teori dan Penemuan Hukum
  • Sosiologi Hukum
  • Hukum Adat dalam Kegiaan Ekonomi
  • Aspek Hukum Publik dalam Hukum Adat

Publikasi

Buku

  • 2021: Buku, Penguatan Kohesi Sosial Komunitas Dalam Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19): Belajar Dari Pengalaman Desa Adat Penglipuan, Penerbit Badan Penerbit FHUI.
  • 2021: Bab Buku, Teori Ketergantungan dan KTT Asia Afrika: Landasan Pembangunan Hukum Ekonomi di Negara Berkembang dalam Buku Percikan Pemikiran Makara Merah, Dari FHUI Untuk Indonesia, Penerbit Badan Penerbit FHUI.
  • 2018: Bab Buku, Diskursus Hukum Adat Dalam Pembentukan Hukum Nasional: Telaah Pemikiran F.K. Von Savigny, dalam Buku Percikan Pemikiran Makara Merah, Dari FHUI Untuk Indonesia, Penerbit Badan Penerbit FHUI.

Jurnal

Email

  • m-sofyan@ui.ac.id

Google Scholar