"VOX POPULI VOX DEI" Suara Rakyat adalah Suara Tuhan.

Fakultas Hukum UI Berikan Binluh Hukum Kades se-Kecamatan Ngariboyo.

Fakultas Hukum Universitas Indonesia > Berita > Fakultas Hukum UI Berikan Binluh Hukum Kades se-Kecamatan Ngariboyo.

Tim pengabdian masyarakat Fakultas Hukum (FH) Universitas Indonesia (UI) hadir di Kabupaten Magetan. Kecamatan Ngariboyo dipilih menjadi lokasi Bimbingan dan Penyuluhan (Binluh) Bidang Hukum oleh 8 anggota Tim Pengabdian Masyarakat UI.

“Kabupaten Magetan memiliki potensi besar dalam pengembangan berbagai sumber daya alam, kami berharap dapat memberikan yang terbaik untuk warga khususnya di Kecamatan Ngariboyo,” kata Dr.Heru Susetyo, Ketua Tim, Jumat (28/1).

Fakultas Hukum UI mengundang Kepala desa (Kades) se- Kecamatan Ngariboyo serta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Kecamatan Ngariboyo pada kegiatan Bimbingan dan Penyuluhan (Binluh) Hukum yang dilaksanakan di Taman Wisata Desa (TWD) Embung Pendem.

Selain Dr. Heru Susetyo ada dua narasumber dari Fakultas Hukum UI diantaranya Dr. Afdol Anwar selaku Pakar Hukum Adat Fakultas Hukum UI serta Jarot Dimas selaku Dosen Hukum Kesehatan Fakultas Hukum UI.

Dalam paparanya, Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Hukum UI, menyasar pada upaya penanggulangan korupsi Dana Desa (DD) yang setiap tahun diterima oleh desa – desa di Indonesia termasuk di Kabupaten Magetan.

Belanja dana desa diharapkan sesuai aturan dengan perundang – undangan yang berlaku, agar tidak menimbulkan rasuah atau korupsi.” Kegiatan ini merupakan upaya dari kami selaku akademisi, yang bertujuan untuk mencegah praktik – praktik potensi korupsi dilevel desa,” ungkap Heru Susetyo.

Lebih lanjut, UI akan menjalin Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Pemkab Magetan dalam berbagai bidang selain Hukum.” Kami telah bertemu dengan bapak Bupati Magetan, dan direncanakan akan ada PKS atau MoU antara Pemkab Magetan bersama UI, tidak hanya bidang hukum namun berbagai fakultas,” jelas Heru Susetyo yang mengaku menyukai pecel khas Magetan tersebut.

Camat Ngariboyo, Kuswinardi, mengaku berterima kasih atas kedatangan Tim Pengabdian Masyarakat FH UI di Ngariboyo. Dirinya berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan oleh Universitas lain agar meningkatkan Sumber Daya Manusia ( SDM) aparatur pemerintah khususnya Desa. ” Atas nama pribadi dan Pemerintah kecamatan Ngariboyo saya ucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh tim dari Fakultas hukum UI, semoga ilmu yang diberikan kepada kami semua dapat bermanfaat,” ungkap Kuswinardi.

Sebagai informasi, selain ketiga narasumber tim pengabdian masyarakat FH UI juga dibersamai 5 (lima) mahasiswa yang tengah menempuh semester 6 (enam) di FH UI.

Sumber : https://jatimnesia-com.translate.goog/fakultas-hukum-ui-berikan-binluh-hukum-kades-se-kecamatan-ngariboyo/

About the author

➖ Kampus UI Depok Jl. Prof. Mr. Djokosoetono, Kampus FHUI Gedung A Depok 16424, Jawa Barat Telepon (021) 7270003, 7863288 Faks (021) 7270052. E-mail: humas-fh@ui.ac.id & lawschool@ui.ac.id ... ➖ Kampus UI Salemba Gedung IASTH Lt. 2, Jl. Salemba Raya No.4, Jakarta 10430 Tel : (021) 31909008 Faks : (021) 39899148
Humas FH UI