"JUDEX SET LEX LAGUENS" Sang Hakim adalah hukum yang berbicara.
Portal UI

Irham Virdi

Irham Virdi, S.H., M.Kn.

Pengajar/Lecturer

Irham Virdi adalah staf pengajar Tidak Tetap Bidang Studi Ekonomi dan Teknologi Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

 

Biografi

Irham Virdi adalah staf pengajar Tidak Tetap Bidang Studi Ekonomi dan Teknologi Fakultas Hukum Universitas Indonesia sejak tahun 2018. Irham Virdi mendapatkan gelar Sarjana Hukum dan Magister Kenotariatan dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Kegiatan pengajaran yang dilakukan: di Program Sarjana (S1) untuk Mata Kuliah: Hukum Perbankan, Hukum Kepailitan dan Hukum Persaingan Usaha.

Selama menjalankan karir sebagai staf pengajar, Irham aktif malakukan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat, beberapa penelitiannya antara lain: penelitian PKPU yang diajukan oleh kreditor dan Penolakan Rencana Perdamaian (2022), penelitian dengan Otoritas Jasa Keuangan yaitu Kajian Penyusunan SEOJK tentang Penerapan Program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme Berbasis Risiko Bagi Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi (2020), penelitian dengan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia yaitu Kajian Peraturan Perlindungan Konsumen di sektor Perbankan (2018), dan penelitian dengan Otoritas Jasa Keuangan yaitu Kajian Hukum Merger, Konsolidasi, dan Akusisi Bank Perkreditan Rakyat (2016). Beliau juga aktif melakukan kajian pada Lembaga Kajian Hukum Kepailitan & Restrukturisasi Usaha FHUI; Pengelolaan Jurnal Teknologi dan Ekonomi FHUI.

Selain ituu, Irham terlibat dalam berbagai kegiatan lain yang berkaitan dengan disiplin Ilmu Hukum Ekonomi dan Teknologi khususnya bidang Hukum Perbankan, Hukum Kepailitan dan Hukum Persaingan Usaha.  

 

Pendidikan

  • Magister Kenotariatan (M.Kn) di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2018
  • Sarjana Hukum (S.H.) di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2014.

Mata Kuliah

  • Hukum Perbankan
  • Hukum Kepailitan
  • Hukum Persaingan Usaha

Publikasi

  • Irham Virdy, "Peningkatan Kapasitas Badan Hukum Perkumpulan KCD Melalui Pembenahan Organisasi dan Pelestarian Sungai", Badan Penerbit FHUI, 2019.
  • Irham Virdy, "Edukasi Pengelolaan Sampah Di Rumah Tangga Dalam Masa Pandemi Covid 19", Badan Penerbit FHUI, 2020.
  • Irham Virdy, "Edukasi Hukum Pendaftaran Badan Usaha Secara Digital Untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat", Badan Penerbit FHUI, 2020.
  • Irham Virdy, "Pemberdayaan Masyarakat Ciliwung Depok Melalui Pengelolaan Sampah dan Budidaya Tanaman (Seri Menuju Ekowisata Ciliwung)", Badan Penerbit FHUI, 2022.