"JUDEX SET LEX LAGUENS" Sang Hakim adalah hukum yang berbicara.
Portal UI

Afdol

Afdol, S.H., M.H.

Lektor/ Assistant Professor

Afdol adalah Staf Pengajar pada Bidang Studi Hukum Islam dan Hukum Adat Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Biografi

Afdol menjadi staf pengajar Hukum Adat di Bidang Studi Hukum Islam dan Hukum Adat Fakultas Hukum Universitas Indonesia sejak tahun 1988. Beliau memperoleh gelar Sarjana Hukum dan Magister Ilmu Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Selain pendidikan formal, Afdol aktif mengikuti Pendidikan non formal baik di dalam maupun luar negeri, diantaranya Pendidikan Bahasa Jepang pada Kookusai Gakuyuu Kai Nihonggo Gakko, Tokyo pada tahun 1992-1993 dengan beasiswa dari The Okazaki Kaheita Foundation, Japan; Summer course on United States Law and Legal Institutions di Wisconsin University, USA 1994; Visiting Scholar at Harvard Law School, held by Program on International Financial System Harvard Law School and Elips Project, Massachussetts, USA January – July 1996.

Sejak awal karir menjadi staf pengajar, Afdol aktif terlibat dalam penelitian. Kajian beliau berfokus pada hukum adat dan turunannya antara lain : Penelitian tentang Konstitusionalitas Masyarakat Hukum Adat di Indonesia, bekerjasama dengan Mahkamah Konstitusi republik Indonesia tahun 2005, Hak-Hak Masyarakat hukum Adat dalam Sistem Hukum Nasional Dewasa ini, kerjasama dengan BPHN dan The Habibie Center tahun 2007, Penelitian tentang Kajian Kearifan Lokal Masyarakat Nelayan Teluk Jakarta Dalam Menghadapi Tekanan Globalisasi dan Urbanisasi Penjaringan dan Cilincing, Jakarta, 2006. Loka Karya Pengelolaan Penguasaan dan pemanfaatan Tanah yang Berkeadilan, Menuju peningkatan Kapasitas Administrasi Pertanahan yang Efektif dan Efisien. (BPN dan ILMPDP, 2002). Beliau aktif bergabung sebagai anggota Anggota Kelompok Kerja Khusus (POKJASUS) tentang Pemberdayaan kelembagaan Hukum demi Tegaknya Keadilan (Dewan Ketahanan Nasional/Wantanas, 2008), Anggota Rapat Kerja Terbatas (RAKERTAS) bersama dengan Dewan Ketahanan Nasional, 2007.

Afdol juga aktif dalam pengabdian masyarakat terutama sebagai narasumber dalam forum ilmiah diantaranya: Pemakalah pada Seminar Tentang Catatan Sipil dan Masyarakat Hukum Adat (GTZ GG PAS dan LKHP FHUI, 2007), Seminar tentang Konsekuensi Anak Sesusuan Menurut Hukum Adat ( GTZ GG PAS dan LKHP FHUI, 2006), Seminar tentang Pengangkatan Anak dan Aspek Hukumnya Menurut Hukum Adat (GTZ GG PAS dan LKHP FHUI, 2008). Pada tahun 2020 dan 2022, beliau terlibat sebagai anggota tim pengabdi untuk kegiatan pengadian masyarakat di Desa Adat Penglipuran di Provinsi Bali, yaitu Penguatan Kohesi Sosial Komunitas Dalam Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (2020) dan Penguatan Perekonomian Desa Adat Penglipuran Akibat Pandemi Covid-19 (2020).

Selain aktif menjadi pengajar, Afdol saat ini menjabat sebagai Ketua Sub Program Sarjana Reguler Fhui periode tahaun sejak tahun 2020, Ketua Program  Sarjana merangkap ketua Sub program  Sarjana Reguler Fakultas Hukum Universitas Indonesia (2018-2019), Ketua sub Program Sarjana Paralel Fakultas Hukum UI (2015 – 2018), Ketua Program Sarjana FHUI tahun 2008-2009, Ketua Program Ekstensi FHUI periode 1999-2004, Sekretaris Program Ekstensi FHUI tahun 1994-1999, Staf Pembantu Dekan bidang III FHUI 1989-1992. Beliau juga memiliki pengalaman sebagai pengajar tidak tetap di FH Universitas Indonesia Esa Unggul Jakarta untuk kelompok mata kuliah Hukum Adat  sejak tahun 2004- 2009, Fakultas Hukum Unika Atmajaya Jakarta untuk kelompok mata kuliah Hukum Adat di awal awal tahun 1990 an.

Sepanjang karirnya sebagai pengajar, membawa Afdol memperoleh penghargaan Satya Lancana Karya Satya X dan XXX Tahun dari Presiden RI atas masa kerjanya di Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Pendidikan

  • Magister Ilmu Hukum (M.H.) dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2003.
  • Sarjana Hukum (S.H.) dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 1987.

Mata Kuliah

  • Hukum Kekeluargaan dan Kewarisan Adat
  • Asas-Asas Hukum Adat
  • Hukum Adat dalam Kegiatan Ekonomi
  • Aspek Hukum Publik dalam Hukum Adat
  • Kapita Selekta Masalah Aktual Hukum Adat
  • Hukum Adat Berkaitan dengan Kenotariatan
  • Manusia dan Masyarakat Indonesia

Buku

  • 2021: Buku, Penguatan Kohesi Sosial Komunitas Dalam Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19): Belajar Dari Pengalaman Desa Adat Penglipuan, Tim Penulis, Penerbit Badan Penerbit FHUI.

Jurnal

  • Artikel: Hukum Adat dan Ter Haar, Jurnal Jentera Edisi 14 tahun IV, Oktober-Desember, 2006.
  • Artikel: “Kebijakan dan Strategi Pengaturan Usaha Perikanan dan Pengelolaan Wilayah Pesisir di Teluk Jakarta yang Mengacu Pada Kearifan Lokal Masyarakat Nelayan Tradisional”, Jurnal Hukum & Pembangunan Vol. 42 No. 3 Tahun 2012.

Email

  • afdolanwar@yahoo.com