"LEX PROSPCIT, NON RESPICIT" Hukum melihat ke depan, bukan kebelakang.
Portal UI

Selamat Kepada Tiurma Mangihut Pitta atas Diraihnya Gelar Ph.D

Fakultas Hukum Universitas Indonesia > Berita > Selamat Kepada Tiurma Mangihut Pitta atas Diraihnya Gelar Ph.D

Pimpinan dan segenap sivitas akademika Fakultas Hukum Universitas Indonesia mengucapkan selamat dan sukses atas diraihnya Gelar Ph.D kepada Ibu Tiurma Mangihut Pitta Allagan, S.H., M.H., Ph.D. (Dosen Tetap Fakultas Hukum Universitad Indonesia) atas keberhasilan mempertahankan disertasinya dihadapan Tim Penguji. Pada tanggal 1 November 2019 Tiurma Mangihut Pitta Allagan, S.H., M.H. berhasil mempertahankan disertasinya berjudul “International Mixed Marriage in Indonesia and ASEAN: International Mixed Marriage and Its Recognition in Indonesia Towards One ASEAN Community”.

Untuk meraih gelar doktor, Pitta menulis disertasi soal perkawinan campuran di ASEAN. Di mana lembaga itu mengarah pada unifikasi dan harmonisasi antara sistem hukum yang berlaku pada negara-negara anggota ASEAN. Sehingga, dalam mempersiapkan kerja sama di antara negara-negara tersebut, menjadi sangat diperlukan dan penting.

Dalam penelitian dengan obyek perkawinan campuran di mana terdapat pertemuan sistem hukum yang berbeda, maka meneliti melalui kacamata Hukum Perdata Internasional menjadi penting. Hal ini berdasarkan tiga hal yang menjadi luas bidang HPI itu sendiri.

“Dengan menggunakan perbandingan hukum negara anggota ASEAN dengan Indonesia, hasil perbandingan tersebut menjadi dasar rekomendasi bagi Indonesia, terutama Undang-Undang Perkawinannya, dan bagi ASEAN untuk kemungkinan pengakuan perkawinan di lingkungan ASEAN,” urai Pitta yang mengajar di UI sejak 1995 itu.

About the author

➖ Kampus UI Depok Jl. Prof. Mr. Djokosoetono, Kampus FHUI Gedung A Depok 16424, Jawa Barat Telepon (021) 7270003, 7863288 Faks (021) 7270052. E-mail: humas-fh@ui.ac.id & lawschool@ui.ac.id ... ➖ Kampus UI Salemba Gedung IASTH Lt. 2, Jl. Salemba Raya No.4, Jakarta 10430 Tel : (021) 31909008 Faks : (021) 39899148