"JUDEX SET LEX LAGUENS" Sang Hakim adalah hukum yang berbicara.
Portal UI

Promosi Doktor Saiful Anam: Pergeseran Fungsi DPR dalam Pengisian Pejabat Negara Pasca Reformasi

Fakultas Hukum Universitas Indonesia > Berita > Promosi Doktor Saiful Anam: Pergeseran Fungsi DPR dalam Pengisian Pejabat Negara Pasca Reformasi

Program Studi Doktor Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia kembali melaksanakan kegiatan sidang promosi saudara Saiful Anam. Promosi doktor ini dilakukan secara Hybrid (Luring dan Daring) melalui zoom meeting dan di Balasidang Kampus FHUI, pada Senin, 10 Januari 2022.

Saiful Anam berhasil meraih Gelar Doktor usai mempertahankan disertasinya yang berjudul: “Pergeseran Fungsi DPR dalam Pengisian Pejabat Negara Pasca Reformasi”

Dalam disertasinya, penulis menggunakan tiga pendekatan sekaligus, yakni pendekatan studi literatur (library research) dan pendekatan konseptual (conceptual approach) dan pendekatan perbadingan (comparative approach), dengan didukung 3 (tiga) bahan hukum sekaligus, yaitu terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum skunder dan bahan hukum tersier.

Hasil disertasi ini menyarankan agar terdapat pelurusan fungsi right to confirm oleh DPR dalam Pengisian Pejabat Negara dengan memberikan konfirmasi atas pengangkatan pejabat public tertentu oleh DPR (right to confirm). Sehingga DPR tidak melakukan hal yang bersifat teknis yaitu “to right ti elect”, “right to select”, dan bahkan “right to test”.

Sidang ini diketuai oleh Dr. Edmon Makarim, S.Kom., S.H., LL.M. dengan anggota terdiri atas: Promotor, Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, S.H., Kopromotor, Dr. Fatmawati, S.H.,M.H, Prof. Dr. Eko Prasojo, Mag.rer.publ. dengan anggota tim penguji, Prof. Dr. Satya Arinanto, S.H.,M.H., Prof. Dr. Abdul Bari Azed, S.H., M.H., Prof. Dr. Abdul Bari Azed, S.H.,M.H., Prof. Dr. Bagir Manan, S.H.,MCL., Prof. Dr. R. Siti Zuhro, M.A., Dr.  Jufrina Rizal, S.H., M.A.

Setelah memaparkan disertasinya dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh dewan penguji, Saiful Anam ditetapkan sebagai Doktor Ilmu Hukum dengan lulus meraih predikat sangat memuaskan.

Saudara Saiful Anam adalah Doktor ke 288 (dua ratus delapan puluh delapan) yang dihasilkan oleh Program Studi Ilmu Hukum, Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Indonesia, merupakan Doktor ke 6 (enam) yang lulus di tahun 2022 dan Doktor ke 253 (dua ratus lima puluh tiga) yang lulus setelah Program Pascasarjana diselenggarakan langsung oleh Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

About the author

➖ Kampus UI Depok Jl. Prof. Mr. Djokosoetono, Kampus FHUI Gedung A Depok 16424, Jawa Barat Telepon (021) 7270003, 7863288 Faks (021) 7270052. E-mail: humas-fh@ui.ac.id & lawschool@ui.ac.id ... ➖ Kampus UI Salemba Gedung IASTH Lt. 2, Jl. Salemba Raya No.4, Jakarta 10430 Tel : (021) 31909008 Faks : (021) 39899148