"JUDEX SET LEX LAGUENS" Sang Hakim adalah hukum yang berbicara.
Portal UI

Promosi Doktor Ratih Listyana Chandra: Model Ideal Pengisian Jabatan Kepala Daerah di Indonesia

Fakultas Hukum Universitas Indonesia > Berita > Promosi Doktor Ratih Listyana Chandra: Model Ideal Pengisian Jabatan Kepala Daerah di Indonesia

Program Studi Doktor Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia kembali melaksanakan kegiatan sidang promosi saudari Ratih Listyana Chandra. Promosi doktor ini dilakukan secara Hybrid (Luring dan Daring) melalui zoom meeting dan di Balasidang Kampus FHUI, pada Sabtu, 8 Januari 2022.

Ratih Listyana Chandra berhasil meraih Gelar Doktor usai mempertahankan disertasinya yang berjudul: “Model Ideal Pengisian Jabatan Kepala Daerah di Indonesia”.

Dalam disertasinya, Ratih Listyana menjelaskan bahwa terjadi perubahan dan perbedaan pengaturan mengenai mekanisme model pengisian jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah di Indonesia. tidak di masa saat ini saja namun telah berlangsung sejak zaman pendudukan Belanda. Dinamika pengaturan model pengisian jabatan daerah ini kemudian menimbulkan tiga buah pertanyaan. Pertama, bagaimana dinamika pengaturan mengenai pengisian jabatan kepada daerah di Indonesia. Kedua, apa tolok ukur untuk menilai demokratis atau tidaknya model pengisian Jabatan Kepala Daerah di Indonesia. Ketiga, bagaimana idealnya model pengisian jabatan kepala daerah di Indonesia.

Hasil penilitian ini menghasilkan bahwa perubahan pengaturan dalam mekanisme pengisian jabatan Kepala Daerah terjadi sebgai akibat berubahnya situasi politik dan pemerintahan di Indonesia. Alasan lainnya adalah pencarian model pengisian Jabatan Kepala Daerah yang demokratis untuk menghasilkan pemimpin yang bisa diterima semua pihak.

Sidang ini diketuai oleh Dr. Edmon Makarim, S.Kom., S.H., LL.M. dengan anggota terdiri atas: Promotor, Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, S.H., Ko-Promotor 1, Prof. Dr. Irfan Ridwan Maksum, M.A., Ko-Promotor 2, Dr. Fatmawati, S.H., M.H dengan tim penguji, Prof. Dr. Satya Arinanto, S.H., M.H, Prof. Dr. Abdul Bari Azed, S.H., M.H., Prof. Dr. Djohermansyah Djohan, M.A, Dr. Jufrina Rizal, S.H., M.A., Dr. Tri Hayati, S.H., M.H.

Setelah memaparkan disertasinya dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh dewan penguji, Ratih Listyana Chandra ditetapkan sebagai Doktor Ilmu Hukum dengan lulus meraih predikat sangat memuaskan.

Saudara Ratih Listyana Chandra adalah Doktor ke 286 (dua ratus delapan puluh enam) yang dihasilkan oleh Program Studi Ilmu Hukum, Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Indonesia merupakan Doktor ke 4 (empat) yang lulus di tahun 2022 dan Doktor ke 251 (dua ratus lima puluh satu) yang lulus setelah Program Pascasarjana diselenggarakan langsung oleh Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

About the author

➖ Kampus UI Depok Jl. Prof. Mr. Djokosoetono, Kampus FHUI Gedung A Depok 16424, Jawa Barat Telepon (021) 7270003, 7863288 Faks (021) 7270052. E-mail: humas-fh@ui.ac.id & lawschool@ui.ac.id ... ➖ Kampus UI Salemba Gedung IASTH Lt. 2, Jl. Salemba Raya No.4, Jakarta 10430 Tel : (021) 31909008 Faks : (021) 39899148