"LEX PROSPCIT, NON RESPICIT" Hukum melihat ke depan, bukan kebelakang.
Portal UI

Promosi Doktor Lidwina Inge Nurtjahto

Fakultas Hukum Universitas Indonesia > Tak Berkategori > Promosi Doktor Lidwina Inge Nurtjahto

Promosi Doktor Lidwina Inge Nurtjahto

Kamis, 09 Januari 2014

Staf pengajar Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Lidwina Inge Nurtjahjo berhasil meraih gelar Doktor dalam Program Studi Antropologi Program Pascasarjana Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia setelah berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Identitas Hukum: Jembatan untuk mengakses Bantuan Pemerintah dan Perlindungan Hukum (Studi Kasus di RT.01 RW 10 Desa Kotabatu, Bogor Jawa Barat” di hadapan sidang terbuka Senat Akademik Universitas Indonesia di bawah Pimpinan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia Dr. Arie Setiabudi Susilo, M.Sc. Sidang promosi berlangsung pada hari Kamis, 9 Januari 2014 di Kampus UI Depok. Doktor Lidwina Inge Nurtjahjo yang dipromotori oleh Prof. Dr. Sulistyowati Irianto, M.A. dan ko-promotor Dr. Iwan Tjitradjaja berhasil memperoleh nilai sangat memuaskan.

Penelitian dalam disertasi Dr. Lidwina Inge bertujuan untuk menjelaskan pemaknaan warga masyarakat terhadap aturan kebijakan negara tentang akses kepemilikan identitas hukum. Masalah indentitas hukum sangat penting untuk dikaji karena berimplikasi pada akses masyarakat terhadap bantuan pemerintah dan perlindungan hukum. Dalam perspektif pemerintah, eligibilitas warga dalam mengakses bantuan pemerintah dan perlindungan hukum dikaitkan dengan identitas hukum formal. Di sinilah penelitian yang termasuk dalam ranah antropologi hukum ini dapat memberikan kontribusi pemikiran. Hukum negara yang dominan dalam menentukan eligilitas warga terhadap bantuan dan perlindungan hukum itu ternyata tidak sepenuhnya dapat mengakomodir akses keadilan warga masyarakat. Penelitian yang dilakukan terhadap masyarakat di RT 01 RW 10 Desa Kotabatu, Bogor Jawa Barat, dan menggunakan pendekatan kualitatif dan etnografis ini memberikan penjelasan tentang bagaimana warga memaknai identitas hukum itu; bagaimana pengalaman, respon, dan strategi warga ketika berhadapan dengan kebijkan negara terkait identitas hukum.

Segenap Sivitas Akademika Fakultas Hukum Universitas Indonesia mengucapkan selamat kepada Dr. Lidwina Inge Nurtjahjo sekeluarga.

About the author

➖ Kampus UI Depok Jl. Prof. Mr. Djokosoetono, Kampus FHUI Gedung A Depok 16424, Jawa Barat Telepon (021) 7270003, 7863288 Faks (021) 7270052. E-mail: humas-fh@ui.ac.id & lawschool@ui.ac.id ... ➖ Kampus UI Salemba Gedung IASTH Lt. 2, Jl. Salemba Raya No.4, Jakarta 10430 Tel : (021) 31909008 Faks : (021) 39899148