"LEX PROSPCIT, NON RESPICIT" Hukum melihat kedepan, bukan kebelakang.
Portal UI

Pimpinan Fakultas

Pimpinan Fakultas

Pimpinan Fakultas Hukum Universitas Indonesia adalah Dekan dan para Wakil Dekan, bertugas antara lain menjalankan fungsi pengelolaan fakultas secara keseluruhan, melaksanakan penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada kepada masyarakat, membina sivitas akademika (dosen & mahasiswa) serta membina hubungan dengan alumni, baik di lingkungan fakultas dan masyarakat.

Dekan diangkat/diberhentikan oleh Rektor untuk masa jabatan 5 tahun, setelah melalui proses pemilihan yang diadakan baik di tingkat fakultas maupun universitas. Berikut ini adalah susunan Pimpinan Fakultas  Hukum Universitas Indonesia periode 2019–2023:

Dr. Edmon Makarim, S.Kom., S.H., LL.M. lahir di Padang, 10 Mei 1970. Edmon Makarim adalah dosen inti penelitian bidang Hak atas Kekayan Intelektual dan Telematika Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Beliau memperoleh gelar Sarjana Komputer dari Universitas Gunadarma (1988-1993), Sarjana Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia (1989-1994), Lex Legibus Master atau Master Hukum dari Comparative Law, University of Washington School of Law, Seattle (2002-2004), dan Doktor dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia (2004-2009).

Beliau merupakan Anggota Dewan Penasihat Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) periode 2012-2015. Sebelumnya, beliau adalah Staf Ahli Menteri Bidang Hukum, Kementerian Komunikasi dan Informasi (2008-2009), penasihat legal PT Sisindosat Lintasbuana Telematics Co (1996-1999), dan Asisten Pengacara SHR Law Firm (1994-1996).

Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan

Prof. M. R. Andri Gunawan Wibisana, S.H., LL.M., Ph.D. lahir di Garut, 3 November 1972 memperoleh Sarjana Hukum (S1) dari FHUI (1998), LL.M. dari Master Progam on Law and Economics, Utrecht University, Belanda (2002), dan Doktor dari Maastricht University, Belanda (2008).

Beliau adalah Dosen di FHUI sejak 1998 untuk beberapa mata kuliah, diantaranya: Hukum Lingkungan ( S1&S2), Hukum Administrasi Negara (S1), Hukum Lingkungan Internasional (S1 & S2), Analisa Ekonomi atas Hukum (S1), Hukum Perubahan Iklim (S1), Hukum Lingkungan (S2), dan Metode Penulisan Disertasi (S3).

Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura & Administrasi Umum

Parulian Paidi Aritonang, S.H., LL.M., MPP. Sebelum menduduki jabatan sebagai Wakil Dekan 2019—2023, beliau menjabat sebagai Kepala Kantor Administrasi Riset dan Inovasi Universitas Indonesia. Aktif mengajar Hukum Kepailitan, Hukum Persaingan Usaha dan Hukum Kekayaan Intelektual di Fakultas Hukum Universitas Indonesia yang telah dijalani sejak tahun 2004.

Dalam menjalankan tugasnya, Pimpinan Fakultas dibantu oleh para Manajer dan Ketua Unit selaku Unsur Pembantu Pimpinan

Unsur Pembantu Pimpinan

Kepala Sekretariat Pimpinan:
Dr. Suparjo, S.H., M.H.

Kepala Sekretariat Dekan:
Meirani Suyawan, S.H., M.H.

Manajer Keuangan:
Basuki Effendi, S.E.

Manajer Pendidikan:
Dr. Yeni Salma Barlinti, S.H., M.H.

Manajer Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat:
Dr. Lidwina Inge Nurtjahyo, S.H., M.Si.

Manajer Riset dan Publikasi (merangkap Ketua Badan Penerbit Fakultas Hukum Universitas Indonesia):
Heru Susetyo, S.H., M.Si., LL.M., Ph.D.

Manajer Kemahasiswaan dan Alumni:
Hening Hapsari Setyorini, S.H., M.H.

Manajer Kerjasama Internasional dan Pengelolaan Jurnal:
Arie Afriansyah, S.H., M.I.L., Ph.D.

Manajer Sumber Daya Manusia:
Marliesa Qadariani, S.H., M.H.

Wakil Manajer Sumber Daya Manusia:
Nadia Maulisa, S.H., M.H.

Manajer Kerjasama Domestik dan Ventura:
Endah Hartati, S.H., M.H.

Manajer  Umum:
Wardi, S.H., M.H.