"LEX PROSPCIT, NON RESPICIT" Hukum melihat ke depan, bukan kebelakang.
Portal UI

Daly Erni

Dr. Daly Erni, S.H., M.Si., LL.M

Lektor / Assistant Professor

Daly Erni adalah Staf Pengajar Bidang Studi Hukum Administrasi Negara Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Biografi

Daly Erni menjadi staf pengajar di Bidang Studi Hukum Administrasi Negara Fakultas Hukum Universitas Indonesia sejak tahun 1992. Daly Erni memperoleh Sarjana Hukum dan Magister Sains dalam bidang Perpustakaan dan Informasi dari Universitas Indonesia, dan Master of International Law (MIL) dari Transnational Law and Business University, Korea Selatan. Gelar Doktor Ilmu Hukum diperoleh dari Program Studi Doktor Fakultas Hukum Universitas Indonesia dengan judul: Keadilan Administrasi dalam Penyelenggaraan Pemerintahan di Bidang Administrasi Kependudukan di Indonesia.

Selain memiliki pengalaman dalam bidang Hukum Administrasi Kependudukan dalam lingkup Hukum Administrasi Negara, Dr. Daly juga memiliki keahlian dalam bidang Alternative Dispute Resolution.  Daly Erni, dalam hal sertifikasi,  memiliki Sertifikat  Mediator yang dikeluarkan oleh Indonesian Institute for Conflict Transformation (IICT) dan Sertifikat Training of Trainer (ToT) Mediator yang dikeluarkan oleh Mahkamah Agung.

Pada bidang penelitian, khususnya pada fokus administrasi kependudukan diantaranya Perlindungan Hak Konstitusional pada Masyarakat Adat, (2020), Penelitian Identitas Penduduk 2019-2020 yang menjadi bahan dalam presentasi di Webinar. Survey terhadap ketetuan nama keluarga/marga pada akta kelahiran 2019. Penelitian yang sering digunakan dan disitasi oleh peneliti lain adalah: Kajian Implementasi Peraturan Perundang-undangan dalam Hal Pembuatan Akta Kelahiran (1999), Kajian Dokumen tentang Peran Lembaga Swadaya Masyarakat dalam Penegakan Hukum Lingkungan (2001), dan Kajian Pola Uji Coba Penghitungan Ganti Rugi dalam Kasus Pencemaran Lingkungan Pada Komponen Air dari Kegiatan Industri (1998).

Sementara pada bidang pengabdian masyarakat, Dr. Daly aktif terlibat sebagai pelatih dalam berbagai pelatihan Alternative Dispute Resolution termasuk pelatihan sertifikasi profesi mediator. Ia juga aktif menjadi narasumber berbagai seminar, webinar maupun forum ilmiah baik di dalam maupun luar negeri, diantaranya: Hukum Administrasi Kependudukan: Pemenuhan Hak Atas Identitas Gerbang Perolehan HAM (Webinar HAM dan HAN 2020), Pokja Kependudukan BPHN (2020), Pembahas FGD dengan materi antara lain: Evaluasi Implementasi Peraturan Perundangan Mengenai Administasi Kependudukan, Inventaris Issue Aktual Permasalah Administrasi Kependudukan, Narasumber dalam Penelitian Pengelolaan Pengaduan Di Kementerian Hukum dan HAM, (April-September 2020), Naskah Akademik dan Draft Peraturan tentang Jabatan Fungsional Penyuluh Perindustrian danf angka kreditnya (2019-2020),  APMF Jeju Island Korea Selatan 2020 “Applying the Curriculum of ADR Course in Legal Clinic to the Social Community,” APMF Danang Vietnam 2017 “The Leading Institution That Conduct Quality Control on The Professon of Mediator in Indonesia,” APMF Lombok, Indonesia 2016.

Selama menjalankan karir akademik,  Dr. Daly mengikuti berbagai organisasi profesi sebagai anggota dan pernah menjadi pengurus di dalamnya: anggota dalam Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI), anggota dan pengurus pada organisasi: Ikatan Peminat dan Ahli Demografi (IPADI), Asosiasi Pengajar HTN-HAN, dan Asia Pacific Mediation Forum (APMF). Pada tahun 2020, beliau ditunjuk sebagai Kelompok Kerja Kependudukan yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN).

Dr. Daly memiliki pengalaman bekerja dalam manajemen FHUI maupun UI, diantaranya:  Sekretaris Sub-Program Studi Magister Kenotariatan FHUI, (2018-2020), Kasubdit Perencanaan, Penempatan, dan Pengembangan Pegawai Direktorat Pembinaan SDM Univesitas Indonesia (2007-2015), Staf Sekretaris Pusat Administrasi Universitas Indonesia (2003-2007), dan Kepala Perpustakaan FHUI (1997-1999).

Pada saat ini, Dr. Daly kembali mengabdi sebagai Ketua Pusat Dokumentasi dan Referensi Hukum (PDRH) Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Pendidikan

  • Doktor Ilmu Hukum (Dr.) Program Studi Doktor Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2019
  • Master of International Law (MIL), Transnational Law and Business University (TLBU), Korea Selatan
  • Magister Sains (M.Si) Program Perpustakaan dan Informasi, dari Program Pasca Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1997
  • Sarjana Hukum (S.H), dari Program Sarjana Reguler Fakultas Hukum Universitas Indonesia 1989

Mata Kuliah

  • Asas-asas Hukum Administrasi Negara
  • Hukum Administrasi Negara Sektoral
  • Hukum Birokrasi dan Kepegawaian
  • Metode Penelitian dan Penulisan Hukum
  • Pilihan Penyelesaian Sengketa
  • Seminar Usulan Penelitian Tesis

Publikasi

  • 2020: Book, Mozaik Kehidupan Antologi 7 Dasawarsa Dr. Jufrina Rizal, Editor bersama Mariana Molnar Gabor-Warokka, Penerbit Imaji Kata Publishing
  • 2020 : Book Chapter, Meminimalkan Golput Administrasi dalam Pemilu. Bagian 3 Hukum Administrasi Negara, tulisan ke 11 dalam buku Meretas Khazanah Ilmu Hukum Antologi 7 Dasawarsa Dr. Jufrina Rizal, Penerbit PT Rajawali Pers
  • 2019: Book Chapter, “Hukum Administrasi Kependudukan dan Putusan Mahkamah Konstitusi,” dalam Aradhana Sang Guru Perundang-undangan, Kumpulan Tulisan Memperingati Ulang Tahun ke-70 Prof. Dr. Maria Farida Indrati, S.H., M.H. Penerbit: Badan Penerbit Fakultas Hukum Universitas Indonesia.
  • 2019: Book Chapter, “Aparat Pemerintahan (BAB III)” dalam Hukum Administrasi Negara Sektoral (Edisi Revisi). Penerbit: Badan Penerbit Fakultas Hukum Universitas Indonesia.
  • 2019: Book Chapter, “Telusur Keadilan Administrasi dalam Peraturan Perundang-Undangan” dalam buku Makara Emas. Penerbit Fakultas Hukum

Email

  • daly.erni@ui.ac.id
  • daly972001@yahoo.com