"JUDEX SET LEX LAGUENS" Sang Hakim adalah hukum yang berbicara.
Portal UI

Resensi Buku: Peradilan Etik dan Etika Konstitusi: Perspektif Baru tentang’Rule of Law and Rule of Ethics’ & Constitutional Law and Constitutional Ethics Oleh Juhaidy Rizaldy Roringkon

Fakultas Hukum Universitas Indonesia > Berita > Resensi Buku: Peradilan Etik dan Etika Konstitusi: Perspektif Baru tentang’Rule of Law and Rule of Ethics’ & Constitutional Law and Constitutional Ethics Oleh Juhaidy Rizaldy Roringkon

Peradilan Etik dan Etika Konstitusi: Perspektif Baru tentang’Rule of Law and Rule of Ethics’ & Constitutional Law and Constitutional Ethics (Penulis Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, S.H.)

Oleh: Juhaidy Rizaldy Roringkon

Buku yang berkaitan dengan Konstitusi sangatlah banyak di toko buku, dari konstitusi perspektif filsafat, hukum, sosial, ilmu pemerintahan dan sejarah bisa kita jumpai dibanyak tempat. Perspektif Etika dalam konstitusi sangat baru dan tidak pernah dibahas oleh sarjana hukum Indonesia lebih khususnya orang yang fokus dalam hukum konstitusi dan hukum tata Negara.

Setiap orang memandang etika hanya berkaitan dengan ranah pribadi masing-masing manusia, lembaga profesi atau kalangan pejabata publik. Akan tetapi dengan buku ini kita akan diberi pemahaman dan gambaran utuh tentang pengertian etika, etika terapan dan hubungan antara norma etika, agama dan hukum, perkembangan institusi penegakkan etik profesi dan pejabat publik tertentu seperti DKPP yang didirikan dan digagas oleh penulis buku ini juga.

Indonesia bukanlah hanya sekedar negera yang menjunjung tinggi hukum sebagaimana diamanat oleh konstitusi, akan tetapi norma etika yang dikemas sedemikian rupa untuk dipahami oleh setiap Warga Negara Indonesia sangat tergambarkan dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, melalui membaca buku ini pastinya kita akan memandang konstitusi bukan sekedar sistem hukum dasar akan tetapi sebagai sistem etika dasar sebagai manusia, dapat dijadikan pedoman sehingga konstitusi mudah untuk di aplikasi dalam berbagai kalangan masyarakat, karena ketika seseorang memahami dan taat perihal etika secara utuh maka secara otomotis akan taat terhadap hukum juga dan hal tersebut tidak berlaku untuk sebaliknya.

Membaca buku ini akan memberikan persepktif dan pemahaman yang mendalam dan komprehensif mengenai etika, etika konstitusi dan penegakkan etik dalam konteks bernegara, perkembangan ilmu etika dan konsep etika yang belum banyak orang dengar dan memahami, gagasan penegakkan kode etik yang telah mulai dilembagakan.

Buku ini memang terbilang membahas hal-hal yang cukup berat, akan tetapi mampu dikemas dengan kata-kata yang mudah dipahami oleh kalangan akademisi dan praktisi yang tidak terbatas pada orang yang berlatar belakang hukum saja, tetapi mampu dipahami oleh khalayak umum apabila ingin mempejari secara mendalam konstitusi dalam perspektif baru yang mampu membuka cakrawala para pembaca buku ini. Diyakini para pembaca buku ini nantinya akan memadang etika merupakan satu keniscayaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga atika dan penegakan etika harus dijunjung tinggi oleh siapapun.

About the author

➖ Kampus UI Depok Jl. Prof. Mr. Djokosoetono, Kampus FHUI Gedung A Depok 16424, Jawa Barat Telepon (021) 7270003, 7863288 Faks (021) 7270052. E-mail: humas-fh@ui.ac.id & lawschool@ui.ac.id ... ➖ Kampus UI Salemba Gedung IASTH Lt. 2, Jl. Salemba Raya No.4, Jakarta 10430 Tel : (021) 31909008 Faks : (021) 39899148