"JUDEX SET LEX LAGUENS" Sang Hakim adalah hukum yang berbicara.
Portal UI

Partnerships With Employers

PARTNERSHIPS WITH EMPLOYERS

This is a list of collaborations between the Faculty of Law, Universitas Indonesia in 2021

This is a list of collaborations between the Faculty of Law, Universitas Indonesia in 2020

 

This is a list of collaborations between the Faculty of Law, Universitas Indonesia in 2019

Consulting Firms

Kantor Hukum Agus Amri dan Affiliates (AAA)

  1. Kantor Hukum Agus Amri dan Affiliates (AAA) adalah sebuah firma hukum Indonesia, didirikan pada bulan Desember 2006. Berdirinya firma hukum ini diprakarsai oleh beberapa Advokat muda yang penuh semangat dan berdedikasi. AAA telah mempunyai pengalaman dalam menangani penyelesaian permasalahan diberbagai bidang hukum. antara lain:
    1. Hukum Bisnis/ Perusahaan seperti merger, akuisisi, restrukturisasi perusahaan, kredit sindikasi, leasing, Letters of Credit (L/C), serta menangani masalah kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang;
    2. Hukum Lingkungan seperti perselisihan lingkungan dalam kaitannya dengan masalah ganti kerugian akibat pencemaran, hukum pencemaran lingkungan terutama dalam kaitannya dengan pencemaran akibat limbah industri;
    3. Hukum Perdata meliputi hukum perjanjian, hukum pertanahan, dan hukum keluarga ;
    4. Hukum Pidana baik yang termasuk dalam Pidana Umum (penggelapan, penipuan, pencemaran nama baik, pemalsuan dll), maupun yang termasuk dalam Pidana Khusus (Tindak Pidana Korupsi, Money Laundering), melakukan pendampingan di tingkat penyidikan baik di tingkat kepolisian maupun Kejaksaan;
    5. Hukum Perburuhan seperti Pemutusan Hubungan Kerja, Perjanjian Kerja dan Perlindungan Tenaga Kerja;
    6. Hukum Pajak seperti memberikan advis dibidang Pajak kepada perusahaan Indonesia dan asing yang melakukan transaksi bisnis di Indonesia serta menyelesaikan sengketa pajak baik di dalam maupun di luar Pengadilan Pajak;
    7. Hak Milik Intelektual yaitu menyelesaikan sengketa Hak Milik Intelektual;
    8. Hukum Tata Usaha Negara yaitu menangani sengketa yang timbul dalam bidang Tata Usaha Negara, termasuk juga sengketa kepegawaian.
  2. Jumlah Mahasiswa Magang : 1
  3. Website : https://agusamri.com/

ADREM Law Firm

  1. Firma hukum mana pun dapat bekerja untuk kepentingan terbaik klien mereka, tetapi hanya segelintir dari mereka yang dapat melakukannya sambil juga mendedikasikan pekerjaan mereka untuk tujuan yang lebih besar. Itulah yang kami lakukan di Adrem: sejak hari pertama, kami percaya bahwa setiap langkah yang kami ambil akan meninggalkan jejak di dunia, terutama klien kami dan komunitas di sekitar.
    Oleh karena itu, sebagai tim hukum yang berpengalaman, kami mengabdikan diri untuk memberikan solusi hukum terbaik yang melayani transaksi dan masalah yang mengubah permainan—membantu bisnis menciptakan dampak dan tumbuh secara berkelanjutan, sambil mendukung komunitas untuk lebih maju.
  2. Jumlah mahasiswa Magang : 1
  3. Website : https://www.adrem.id/

Jarot Santoso & Partners Advocates & Legal Consultant

  1. Jarot Santoso & Partners Advocates & Legal Consultant adalah sebuah firma hukum Indonesia, firma hokum ini telah mempunyai pengalaman dalam menangani penyelesaian permasalahan diberbagai bidang hukum.
  2. Jumlah mahasiswa magang : 1
  1.  

Raja & Jansen Law Firm

  1. Raja & Jansen Law Firm adalah firma hukum perusahaan dan litigasi yang digarap oleh pengacara modern yang terampil dan sangat berpengalaman
  2. Jumlah mahasiswa magang : 1
  3. Link website : https://rjlawyers.id
  1.  

SMART LEGAL

  1. SMARTLEGAL.id adalah sebuah platform digital yang didirikan oleh Smart Legal Network dengan tujuan membantu masyarakat awam hukum, pengusaha, dan pencari jasa hukum untuk mendapatkan akses terhadap informasi dan layanan jasa hukum dari praktisi hukum yang terbaik.
  2. Jumlah Mahasiswa Magang: 4
  3. Link Website : https://smartlegal.id/

LBH APIK

a. Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan (APIK) didirikan oleh 7 (tujuh) pengacara perempuan di Jakarta pada 1995. Dalam perkembangannya, anggota APIK dari berbagai daerah mendirikan LBH (Lembaga Bantuan Hukum) APIK yang hingga saat ini berjumlah 16 kantor yang tersebar di seluruh Indonesia. Pada tahun 2010, 10 kantor LBH APIK yang telah ada pada saat itu memutuskan untuk bergabung dalam sebuah payung organisasi yang sama, yang pada saat itu disepakati bernama Federasi LBH APIK Indonesia. Pada tahun 2012, Federasi LBH APIK Indonesia berubah nama menjadi Asosiasi LBH APIK Indonesia. Perubahan nama ini menyesuaikan dengan peraturan dan ketentuan perundangan yang ada di Indonesia dalam rangka pencatatan badan hukum organisasi di Kementrian Hukum dan HAM RI.
Peran dan fungsi Asosiasi APIK antara lain sebagai fasilitator (komunikasi, koordinasi, support sistem), mediator (konflik anggota, kerjasama dengan pihak lain, penyimpangan atas visi-misi, nilai-nilai), perencanaan, monitoring dan evaluasi terkait dengan program Asosiasi LBH APIK Indonesia di daerah, pusat informasi dan dokumentasi (clearing house) dan knowledge management (sharing, riset), penyelenggara capacity building dan jaringan advokasi di tingkat nasional.
b. Jumlah mahasiswa workplacement : 1
c. Website : https://lbhapik.or.id/

Indonesian Center for Environmental Law (ICEL)

  1. Indonesian Center for Environmental Law (ICEL) merupakan lembaga riset dan advokasi dalam bidang hukum dan kebijakan lingkungan hidup. Didirikan sejak 1993, ICEL bertujuan untuk memperjuangkan terwujudnya keadilan lingkungan yang berbasis nilai-nilai demokrasi, HAM, keadaban, keberlanjutan, negara hukum, dan tata kelola pembangunan berkelanjutan yang baik.
    Bersama dengan jaringannya, baik di tingkat nasional maupun internasional, ICEL aktif melakukan riset, advokasi kebijakan, pemberdayaan komunitas serta penguatan kapasitas pemerintah. Di koalisi PWYP Indonesia, ICEL juga banyak terlibat dalam advokasi isu keterbukaan informasi publik serta pembahasan Revisi Undang-Undang Migas.
    ICEL telah melakukan advokasi untuk memastikan pembaharuan hukum dan kebijakan melalui penelitian, peningkatan kapasitas dan advokasi kasus-kasus strategis. Melalui advokasi kasus-kasus strategis, ICEL bersama dengan organisasi lingkungan lainnya berhasil memastikan pembaharuan hukum lingkungan seperti: pengakuan dan pengaturan citizen law suit di Mahkamah Agung, Peraturan Mahkamah Agung tentang Class Action, keterbukaan informasi di sektor kehutanan, dan lain sebagainya. Kini, ICEL telah menjadi poros pertempuran untuk memenangkan pengembangan hukum dan tata kelola lingkungan yang baik di Indonesia.
  2. Jumlah mahasiswa workplacement : 3
  3. Website : https://icel.or.id/

The Center for Sustainable Ocean Policy (CSOP)

  1. The Center for Sustainable Ocean Policy (CSOP) was initially established by the Rector Decree no. 0811/SK/R/UI/2014 as the Research Cluster for Sustainable Ocean Policy. The establishment of the research cluster is aimed to conduct researches on issues related to the sustainable management of the ocean and marine environment. The ocean is filled with many interests from various stakeholders, so there needs to be a strategic, effective and efficient policy on the use of the sea, including balancing the rights and obligations of the States at sea. Marine resources should be used wisely since it is an exhaustible resource comprised of both living and non-living resources. Therefore, there is a need for sustainable marine policies so that what is enjoyed by the present generation can still be enjoyed by the generations to come.
    Since it was established in 2014, the Center for Sustainable Ocean Policy has reviewed the Implementation of Indonesia’s Obligation on Straits Used for International Shipping and Indonesia’s Small Scale Fisheries Policy. In conducting this study, researchers engaged in numerous field research and desk study. The research results have been disseminated in Focus Group Discussion (FGD) which presented stakeholders and resource persons from relevant ministries, including but not limited to the Indonesian Navy, the Ministry of Marine Affairs And Fisheries, and judicial stakeholders. CSOP has also conducted legal training on the law of the sea and international law for the Indonesian Navy and Indonesia Maritime Security Board. This center, therefore, has undertaken its duty in providing advocacy and consultancy to the government and stakeholders on various aspects pertaining to the sustainable uses of the sea.
  2. Jumlah mahasiswa workplacement : 2
  3. Website : https://csop.ui.ac.id/

Komunitas Konsumen Indonesia

  1. Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) dibentuk sebagai upaya merespon dinamika dan kebutuhan perlindungan konsumen yang berkembang dengan cepat di masyarakat. Pembentukan BPKN berdasarkan pada ketentuan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK) yang ditindaklanjuti dengan PP No. 57 Tahun 2001 tentang Tugas, Fungsi serta Keanggotaan BPKN. Keanggotaan BPKN Periode I masa jabatan 2004 – 2007 berjumlah 17 orang, yang terbentuk berdasarkan Keppres RI No. 150/M tahun 2004 tentang Pengangkatan Anggota BPKN. Dengan semangat baru, terbentuk 20 Anggota BPKN Periode II masa jabatan 2009-2012 Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 80/P Tahun 2009 tanggal 11 Oktober 2009, Periode III masa jabatan 2013 – 2016 dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 80/P Tahun 2013 terbentuk 23 Orang Anggota BPKN yang mewakili pemerintah, akademisi, tenaga ahli dan Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM).
  2. Jumlah mahasiswa workplacement : 1
  3. Website : https://bpkn.go.id/
NGO

Yayasan Inobu

  1. Yayasan Inobu adalah lembaga penelitian nirlaba Indonesia yang didirikan pada tahun 2014. Penelitian terapan kolaboratif dikembangkan Yayasan Inobu dengan maksud untuk menginformasikan inovasi kebijakan dan desain yang mengarah pada produksi komoditas yang berkelanjutan dan adil serta penggunaan sumber daya alam. Yayasan Inobu secara aktif melibatkan pemerintah, masyarakat sipil dan masyarakat dalam desain dan penyebaran hasil penelitian dan inovasi mereka.
  2. Jumlah mahasiswa workplacement : 2
  3. Website : https://inobu.org/id/

Yayasan Madani Berkelanjutan

  1. Yayasan Madani Berkelanjutan (Manusia dan Alam untuk Indonesia Berkelanjutan) adalah lembaga nirlaba yang berupaya menjembatani hubungan antar pemangku kepentingan (pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat sipil) untuk mencapai solusi inovatif terkait tata kelola hutan dan lahan. Kami percaya, dengan inisiatif kuat, alam Indonesia mampu selamat.
  2. Jumlah mahasiswa workplacement : 2
  3. Website : https://madaniberkelanjutan.id/

WALHI Indonesia

  1. Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) sebuah organisasi gerakan lingkungan hidup terbesar di Indonesia, dengan jumlah anggota sebanyak 487 organisasi dari unsur organisasi non pemerintah dan organisasi pencinta alam, serta 203 anggota individu yang tersebar di 28 propinsi di Indonesia. Sejak tahun 1980 hingga saat ini, WALHI secara aktif mendorong upaya-upaya penyelamatan dan pemulihan lingkungan hidup di Indonesia. WALHI bekerja untuk terus mendorong terwujudnya pengakuan hak atas lingkungan hidup, dilindungi serta dipenuhinya hak asasi manusia sebagai bentuk tanggung jawab Negara atas pemenuhan sumber-sumber kehidupan rakyat.
  2. Jumlah mahasiswa workplacement : 2
  3. Website : https://www.walhi.or.id/

Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik

  1. Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) merupakan lembaga non profit berbadan hukum perkumpulan yang memiliki visi untuk menjadikan Indonesia Bebas Kantong Plastik dengan mengajak masyarakat agar lebih bijak dalam menggunakan kantong plastik dan plastik sekali pakai lainnya serta beralih menggunakan kantong yang digunakan berulang kali untuk menyelamatkan lingkungan dari bahaya kantong plastik.
  2. Jumlah mahasiswa workplacement : 2
  3. Website : https://dietkantongplastik.info/
State-Owned Corporation

Bank Mandiri

  1. Bank Mandiri didirikan pada tanggal 2 Oktober 1998, sebagai bagian dari program penyehatan perbankan Pemerintah Indonesia. Pada Juli 1999, empat bank milik negara – Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Exim dan Bapindo – digabung menjadi Bank Mandiri. Sejarah keempat bank ini dapat ditelusuri kembali ke lebih dari 140 tahun, dan bersama-sama mereka telah berkontribusi pada awal sektor perbankan Indonesia.
  2. Jumlah Mahasiswa Magang : 3
  3. Link website : https://www.bankmandiri.co.id/

Pertamina

  1. Sebagai perusahaan BUMN yang 100% sahamnya dimiliki oleh pemerintah Indonesia, Pertamina senantiasa menjaga akuntabilitas perusahaan dengan menyediakan informasi yang akurat.
  2. Jumlah mahasiswa magang : 2
  3. Link website : https://recruitment.pertamina.com/

Perusahaan Gas Negara (PGN)

  1. Perusahaan Gas Negara (PGN) adalah perusahaan nasional Indonesia terbesar di bidang transportasi dan distribusi gas bumi yang berperan besar dalam pemenuhan gas bumi domestik.
    Perusahaan Gas Negara (PGN) telah bertransformasi menjadi perusahaan yang berdedikasi pada satu tujuan : Memberikan keahliannya, energi dan infrastruktur yang diperlukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia secara jangka panjang.
  2. Jumlah mahasiswa magang : 4
  3. Link website : https://pgn.co.id/tentang-kami

PT. Telkom Indonesia

  1. Telkom merupakan salah satu BUMN yang 52,09% sahamnya saat ini dimiliki oleh Pemerintah Indonesia, dan 47,91% dimiliki oleh publik. Telkom juga menjadi pemegang saham mayoritas di 13 anak perusahaan, seperti PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel), PT Telkom Akses, PT Multimedia Nusantara (TelkomMetra),[2] PT PINS Indonesia (PINS).
  2. Jumlah mahasiswa magang : 3
  3. Link website : https://www.telkom.co.id

PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk.

  1. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. atau biasa disingkat menjadi Wika adalah sebuah badan usaha milik negara Indonesia yang bergerak di bidang konstruksi. Untuk mendukung kegiatan bisnisnya, perusahaan ini juga memiliki sebelas kantor operasi yang tersebar di seluruh Indonesia dan sembilan kantor perwakilan yang terletak di luar Indonesia
  2. Jumlah mahasiswa magang : 1
  3. Link website : https://www.wika.co.id

PT Adaro Energy Tbk

  1. PT Adaro Energy Indonesia Tbk adalah sebuah perusahaan pertambangan batu bara yang berkantor pusat di Jakarta. Sepanjang tahun 2020, perusahaan ini berhasil memproduksi batu bara sebanyak 54 juta ton.
  2. Jumlah mahasiswa magang : 7
  3. Link website : https://www.adaro.com/

PT Jaminan Kredit Indonesia

  1. PT Jaminan Kredit Indonesia atau biasa disingkat menjadi Jamkrindo, adalah bagian dari Indonesia Financial Group yang berbisnis di bidang penjaminan kredit. Untuk mendukung kegiatan bisnisnya, hingga tahun 2019, perusahaan ini memiliki 9 kantor wilayah, 56 kantor cabang, dan 16 kantor unit pelayanan.
  2. Jumlah mahasiswa magang : 1
  3. Link website : https://www.jamkrindo.co.id

PT Pertamina International Shipping

 

  1. PT Pertamina International Shipping (PIS) sebagai Subholding Integrated Marine Logistics telah memiliki total 750 kapal. Selain kapal milik, PIS juga mengelola time charter dan spot charter yang dapat disewa melalui e-chartering.
  2. Jumlah mahasiswa magang : 1
  3. Link website : https://pertamina-pis.com

 

PT. Sompo Insurance Indonesia

 

  1. Sompo Insurance Indonesia (Sompo Insurance) adalah bagian dari grup asuransi global Sompo Holdings, Inc., salah satu perusahaan asuransi umum terbesar di Jepang, juga satu dari 10 grup asuransi terbesar di dunia. Asuransi Sompo telah melindungi kesehatan, keamanan, dan kesejahteraan nasabah di Indonesia selama lebih dari 46 tahun. Dengan 16 kantor pemasaran, dua kantor cabang, dan hampir 600 karyawan tersebar di seluruh Indonesia, Asuransi Sompo menyediakan berbagai produk asuransi sebagai solusi untuk melindungi perusahaan dan individu dari risiko yang meliputi kesehatan, kecelakaan diri, perjalanan, kendaraan bermotor, kargo, kebakaran, gempa bumi, dan lain-lain.
  2. Jumlah mahasiswa magang : 1
  3. Link website : https://www.sompo.co.id/

 

XL Axiata

  1. XL Axiata (1996) menjadi perusahaan seluler swasta pertama di Indonesia. Saat ini, saham XL Axiata dimiliki oleh Axiata Investments (Indonesia) (66,4%) yang tergabung dalam Axiata Group Berhad, perusahaan telekomunikasi terbesar di Asia dan publik (33,6%). XL Axiata terus berinovasi dan menjadi operator telekomunikasi pertama di Indonesia yang meluncurkan 4.5G.
  2. Jumlah Mahasiswa Magang : 2
  3. Website : https://www.xlaxiata.co.id/

PT. Indosat Tbk.

  1. Indosat didirikan pada tahun 1967 sebagai sebuah perusahaan penanaman modal asing pertama di Indonesia yang menyediakan layanan telekomunikasi internasional melalui satelit internasional. Pernah dimiliki oleh ITT, sebuah perusahaan konglomerasi asal Amerika Serikat hingga 1980.
  2. Jumlah Mahasiswa Magang : 2
  3. Website : https://indosatooredoo.com/

PT. Bukalapak.com

  1. Bukalapak adalah perusahaan teknologi Indonesia yang memiliki misi menciptakan perekonomian yang adil untuk semua. Melalui platform online dan offlinenya, Bukalapak memberikan kesempatan dan pilihan kepada semua orang untuk meraih hidup yang lebih baik.
  2. Jumlah Mahasiswa Magang : 2
  3. Website : https://www.bukalapak.com/

Grab Indonesia

  1. Grab adalah perusahaan teknologi mobile terbesar di Asia Tenggara yang menghubungkan jutaan pelanggan dengan jutaan mitra pengemudi, merchant, dan juga bisnis.
  2. Jumlah Mahasiswa Magang : 1
  3. Website : https://www.grab.com/

Bank Syariah Indonesia

  1. Pada 1 Februari 2021 yang bertepatan dengan 19 Jumadil Akhir 1442 H menjadi penanda sejarah bergabungnya Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, dan BRI Syariah menjadi satu entitas yaitu Bank Syariah Indonesia (BSI). Penggabungan ini akan menyatukan kelebihan dari ketiga Bank Syariah sehingga menghadirkan layanan yang lebih lengkap, jangkauan lebih luas, serta memiliki kapasitas permodalan yang lebih baik. Didukung sinergi dengan perusahaan induk (Mandiri, BNI, BRI) serta komitmen pemerintah melalui Kementerian BUMN, Bank Syariah Indonesia didorong untuk dapat bersaing di tingkat global.
    Penggabungan ketiga Bank Syariah tersebut merupakan ikhtiar untuk melahirkan Bank Syariah kebanggaan umat, yang diharapkan menjadi energi baru pembangunan ekonomi nasional serta berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat luas
  2. Jumlah mahasiswa Magang :1
  3. Website : https://www.bankbsi.co.id/

PT Bank DBS Indonesia

  1. DBS has garnered a slew of global accolades, underscoring our growing presence among banking leaders worldwide. We continue to be recognised for our leadership in digital, as well as our commitment to deliver a purpose beyond banking to create a more sustainable future.
  2. Jumlah mahasiswa magang : 2
  3. Website : https://www.dbs.com/

PT Tirta Investama

  1. PT Tirta Investama merupakan perusahaan air minum yang sering dikenal dengan Aqua, perusahaan tersebut didirikan pada tahun 1973 sebagai perusahaan pelopor Air Minum Dalam Kemasan pertama di Indonesia.
  2. Jumlah mahasiswa magang : 1
  3. Website : https://aqua.co.id//
Government Institution

Bank Indonesia

 

  1. Bank Indonesia adalah bank sentral Republik Indonesia sesuai Pasal 23D Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1999 Tentang Bank Indonesia. Bank Indonesia mempunyai satu tujuan tunggal, yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Untuk mencapai tujuan tersebut Bank Indonesia bertugas untuk  mengelola tiga bidang yaitu Moneter, Sistem Pembayaran, dan Stabilitas Sistem Keuangan.
  2. Jumlah mahasiswa magang : 1
  3. Link website : https://www.bi.go.id/id/tentang-bi/Default.aspx

 

Dewan Perwakilan Rakyat RI

 

  1. Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, umumnya disebut Dewan Perwakilan Rakyat adalah salah satu lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang merupakan lembaga perwakilan rakyat. DPR terdiri atas anggota partai politik peserta pemilihan umum yang dipilih melalui pemilihan umum.
  2. Jumlah mahasiswa magang : 5
  3. Link website : https://www.dpr.go.id

 

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Muscat (KBRI)

 

  1. Kedutaan Besar Republik Indonesia di Muscat adalah misi diplomatik Republik Indonesia untuk Kesultanan Oman dan merangkap sebagai perwakilan Indonesia untuk Republik Yaman. Duta besar saat ini adalah Mohamad Irzan Djohan yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 14 September 2020.
  2. Jumlah mahasiswa magang : 2
  3. Link website : https://kemlu.go.id/muscat/id

 

Kejaksaan Negeri Bangka

 

  1. Kejaksaan Negeri Bangka adalah lembaga negara yang melaksanakan kekuasaan negara, khususnya di bidang penuntutan. Sebagai badan yang berwenang dalam penegakan hukum dan keadilan, Kejaksaan dipimpin oleh Jaksa Agung yang dipilih oleh dan bertanggung jawab kepada Presiden. Kejaksaan Agung, Kejaksaan Tinggi, dan Kejaksaan Negeri merupakan kekuasaan negara khususnya dibidang penuntutan, dimana semuanya merupakan satu kesatuan yang utuh yang tidak dapat dipisahkan.
  2. Jumlah mahasiswa magang : 1
  3. Link website : https://kejari.bangka.go.id/

 

Kejaksaan Negeri Belawan

 

  1. Kejaksaan Negeri Belawan adalah lembaga negara yang melaksanakan kekuasaan negara, khususnya di bidang penuntutan. Sebagai badan yang berwenang dalam penegakan hukum dan keadilan, Kejaksaan dipimpin oleh Jaksa Agung yang dipilih oleh dan bertanggung jawab kepada Presiden. Kejaksaan Agung, Kejaksaan Tinggi, dan Kejaksaan Negeri merupakan kekuasaan negara khususnya dibidang penuntutan, dimana semuanya merupakan satu kesatuan yang utuh yang tidak dapat dipisahkan.
  2. Jumlah mahasiswa magang : 1
  3. Link website : https://kejari.belawan.go.id/
    https://www.kejaksaan.go.id/

 

Kejaksaan Negeri Jaksel

 

  1. Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan adalah lembaga negara yang melaksanakan kekuasaan negara, khususnya di bidang penuntutan. Sebagai badan yang berwenang dalam penegakan hukum dan keadilan, Kejaksaan dipimpin oleh Jaksa Agung yang dipilih oleh dan bertanggung jawab kepada Presiden. Kejaksaan Agung, Kejaksaan Tinggi, dan Kejaksaan Negeri merupakan kekuasaan negara khususnya dibidang penuntutan, dimana semuanya merupakan satu kesatuan yang utuh yang tidak dapat dipisahkan.
  2. Jumlah mahasiswa magang : 1
  3. Link website : https://www.kejari-jaksel.go.id/

 

Kejaksaan Negeri Kota Sukabumi

 

  1. Kejaksaan Negeri Kota Sukabumi adalah lembaga negara yang melaksanakan kekuasaan negara, khususnya di bidang penuntutan. Sebagai badan yang berwenang dalam penegakan hukum dan keadilan, Kejaksaan dipimpin oleh Jaksa Agung yang dipilih oleh dan bertanggung jawab kepada Presiden. Kejaksaan Agung, Kejaksaan Tinggi, dan Kejaksaan Negeri merupakan kekuasaan negara khususnya dibidang penuntutan, dimana semuanya merupakan satu kesatuan yang utuh yang tidak dapat dipisahkan. Kejaksaan Negeri Kota Sukabumi memiliki bidang seperti bidang Pembinaan, bidang Intelijen, bidang Pidana Umum, bidang Pidana Khusus, Bidang Perdata dan TUN, bidang Pengelolaan Barang Bukti Barang Rampasan.
  2. Jumlah Mahasiswa magang :2
  3. Durasi Magang: 1 (satu) Bulan
  4. Website : https://www.kejari-sukabumi.go.id/

 

Kejaksaan Negeri Pariaman

 

  1. Kejaksaan Negeri Pariaman adalah lembaga negara yang melaksanakan kekuasaan negara, khususnya di bidang penuntutan. Sebagai badan yang berwenang dalam penegakan hukum dan keadilan, Kejaksaan dipimpin oleh Jaksa Agung yang dipilih oleh dan bertanggung jawab kepada Presiden. Kejaksaan Agung, Kejaksaan Tinggi, dan Kejaksaan Negeri merupakan kekuasaan negara khususnya dibidang penuntutan, dimana semuanya merupakan satu kesatuan yang utuh yang tidak dapat dipisahkan. Kejaksaan Negeri Kota Pariaman memiliki Unit seperti Unit Pembinaan, bidang Intelijen, bidang Pidana Umum, bidang Pidana Khusus, Bidang Perdata dan TUN, bidang Pengelolaan Barang Bukti Barang Rampasan.
  2. Jumlah Mahasiswa Magang: 1
  3. Website : https://www.kejari-pariaman.go.id/

 

Kejaksaan RI

 

  1. Kejaksaan R.I. adalah lembaga negara yang melaksanakan kekuasaan negara, khususnya di bidang penuntutan. Sebagai badan yang berwenang dalam penegakan hukum dan keadilan, Kejaksaan dipimpin oleh Jaksa Agung yang dipilih oleh dan bertanggung jawab kepada Presiden. Kejaksaan Agung, Kejaksaan Tinggi, dan Kejaksaan Negeri merupakan kekuasaan negara khususnya dibidang penuntutan, dimana semuanya merupakan satu kesatuan yang utuh yang tidak dapat dipisahkan.
  2. Jumlah mahasiswa magang : 13
  3. Website : https://www.kejaksaan.go.id/

 

Kepolisian Negara Republik Indonesia

 

  1. Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia yang telah melakukan Magang di Kepolisian Negara Republik Indonesia pada bagian:
  2. Divisi Hubungan Internasional Polri yang selanjutnya disebut Divhubinter Polri adalah unsur pembantu pimpinan bidang hubungan internasional yang berada di bawah Kapolri dan satuan kerja bidang Hukum Polda Metro Jaya
  3. Jumlah mahasiswa magang : 21
  4. Website : https://interpol.go.id/
    https://www.polri.go.id/

 

Mahkamah Agung Republik Indonesia

  1. Mahkamah Agung merupakan pengadilan kasasi yang bertugas membina keseragaman dalam penerapan hukum melalui putusan kasasi dan peninjauan kembali menjaga agar semua hukum dan undang-undang diseluruh wilayah negara RI diterapkan secara adil, tepat dan benar.
  2. Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia yang telah Magang di Mahkamah Agung tentu akan mendapat pengalaman Magang di Mahkamah Agung sesuai tempat magang yang dituju.
  3. Jumlah mahasiswa magang : 11
  4. Website : https://www.mahkamahagung.go.id/

Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia

  1. Mahkamah Konstitusi merupakan salah satu lembaga negara pelaku kekuasaan kehakiman yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan.
  2. Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia yang telah Magang di Mahkamah Konstitusi harus mematuhi peraturan Pelaksanaan Mahkamah Konstitusi.
  3. Jumlah mahasiswa magang : 19
  4. Website : https://www.mkri.id/

Ombudsman Republik Indonesia

 

  1. Ombudsman Republik Indonesia yang selanjutnya disebut Ombudsman adalah Lembaga Negara yang mempunyai kewenangan mengawasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik baik yang diselenggarakan oleh penyelenggara Negara dan pemerintahan termasuk yang diselenggarakan oleh Badan Usaha Miliki Negara, Badan Usaha Milik Daerah, dan Badan Hukum milik Negara serta Badan Swasta atau perseorangan yang diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publik tertentu yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja Negara dan/atau anggaran pendapatan dan belanja daerah.
    Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia yang telah Magang di Ombudsman Republik Indonesia tentu akan mendapat pengalaman Magang sesuai tempat bagian magang yang dituju.
  2. Jumlah mahasiswa magang : 2
  3. Website : https://ombudsman.go.id/

 

Otoritas Jasa Keuangan

 

  1. Otoritas Jasa Keuangan adalah lembaga pengawas industri jasa keuangan yang terpercaya, melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat, dan mampu mewujudkan industri jasa keuangan menjadi pilar perekonomian nasional yang berdaya saing global serta dapat memajukan kesejahteraan umum. OJK membuka kesempatan Program Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi Mahasiswa/Pelajar yang berprestasi.
  2. Jumlah mahasiswa magang : 19
  3. Website : https://www.ojk.go.id/

 

Pengadilan Negeri Denpasar

  1. Pengadilan Negeri Denpasar adalah lembaga peradilan yang bertugas dan berwenang, memeriksa, mengadili, memutuskan dan menyelesaikan perkara pidana dan perkara perdata di tingkat pertama di wilayah Denpasar.
    Mahasiswa Fakultas Hukum UI yang diterima permohonan Magangnya harus mengikuti kegiatan magang pada Pengadilan Negeri Denpasar. Dengan mengikuti kegiatan Magang di Pengadilan Negeri Denpasar mahasiswa mendapat gambaran bagaimana prosedur beracara di pengadilan, administrasi di pengadilan dan penerapan yang sudah didapatkan pada perkuliahan.
  2. Durasi Magang : 1 Bulan maksimal 3 (tiga) Bulan
  3. Jumlah mahasiswa magang : 3
  4. Website : https://www.pn-denpasar.go.id/

Pengadilan Negeri Samarinda

  1. Pengadilan Negeri Samarinda adalah lembaga peradilan yang bertugas dan berwenang, memeriksa, mengadili, memutuskan dan menyelesaikan perkara pidana dan perkara perdata di tingkat pertama di wilayah Samarinda.
    Mahasiswa Fakultas Hukum UI yang diterima permohonan Magangnya harus mengikuti kegiatan magang pada Pengadilan Negeri Samarinda. Dengan mengikuti kegiatan Magang di Pengadilan Negeri Samarinda mahasiswa mendapat gambaran bagaimana prosedur beracara di pengadilan, administrasi di pengadilan dan penerapan yang sudah didapatkan pada perkuliahan.
  2. Durasi Magang : 1 Bulan
  3. Jumlah mahasiswa magang : 3
  4. Website : https://www.pn-samarinda.go.id/

Pengadilan Negeri Semarang

  1. Pengadilan Negeri Semarang adalah lembaga peradilan yang bertugas dan berwenang, memeriksa, mengadili, memutuskan dan menyelesaikan perkara pidana dan perkara perdata di tingkat pertama di wilayah Semarang.
    Mahasiswa Fakultas Hukum UI yang diterima permohonan Magangnya harus mengikuti kegiatan magang pada Pengadilan Negeri Semarang. Dengan mengikuti kegiatan Magang di Pengadilan Negeri Semarang mahasiswa mendapat gambaran bagaimana prosedur beracara di pengadilan, administrasi di pengadilan dan penerapan yang sudah didapatkan pada perkuliahan.
  2. Durasi Magang : 1 Bulan
  3. Jumlah mahasiswa magang : 1
  4. Website : https://pn-semarangkota.go.id/

Pengadilan Negeri Serang Banten

  1. Pengadilan Negeri Serang Banten adalah lembaga peradilan yang bertugas dan berwenang, memeriksa, mengadili, memutuskan dan menyelesaikan perkara pidana dan perkara perdata di tingkat pertama di wilayah Semarang.
    Mahasiswa Fakultas Hukum UI yang diterima permohonan Magangnya harus mengikuti kegiatan magang pada Pengadilan Negeri Serang. Dengan mengikuti kegiatan Magang di Pengadilan Negeri Serang Banten mahasiswa mendapat gambaran bagaimana prosedur beracara di pengadilan, administrasi di pengadilan dan penerapan yang sudah didapatkan pada perkuliahan.
  2. Durasi Magang : 1 Bulan
  3. Jumlah mahasiswa magang : 4
  4. Website : pn-serang.go.id/

Perutusan Tetap Republik Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, New York

  1. Perutusan Tetap Republik Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York (PTRI New York) adalah misi diplomatik Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
    Mahasiswa Fakultas Hukum UI yang diterima permohonan Magangnya harus mengikuti kegiatan magang pada Perutusan Tetap Republik Indonesia Untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa New York. Dengan mengikuti kegiatan Magang ini mahasiswa mendapat gambaran mengenai tugas Perutusan Tetap Republik Indonesia Untu Perserikatan Bangsa-Bangsa New York
  2. Jumlah mahasiswa Internship : 1
  3. Website : https://kemlu.go.id/newyork-un/id

Akara Perempuan (Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan)

  1. Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan adalah lembaga negara yang independen untuk penegakan hak asasi manusia perempuan Indonesia. Komnas Perempuan dibentuk melalui Keputusan Presiden No. 181 Tahun 1998, pada tanggal 9 Oktober 1998, yang diperkuat dengan Peraturan Presiden No. 65 Tahun 2005.
    Komnas Perempuan lahir dari tuntutan masyarakat sipil, terutama kaum perempuan, kepada pemerintah untuk mewujudkan tanggung jawab negara dalam menanggapi dan menangani persoalan kekerasan terhadap perempuan. Tuntutan tersebut berakar pada tragedi kekerasan seksual yang terutama dialami oleh perempuan etnis Tionghoa dalam kerusuhan Mei 1998 di berbagai kota besar di Indonesia.
  2. Jumlah mahasiswa workplacement : 2
  3. Website : https://komnasperempuan.go.id/

KPPU

  1. KPPU adalah lembaga independen yang bertugas mengawasi pelaksanaan UU No.5/1999 dan UU No.20/2008, terdiri dari Anggota KPPU yang diangkat oleh Presiden Republik Indonesia atas persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat.
  2. Jumlah mahasiswa Magang : 6
  3. Website : https://kppu.go.id/

Komisi Perlindungan Anak Indonesia

  1. Pembentukan KPAI dimandatkan oleh UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 35 tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, pada Pasal 74 dijelaskan bahwa : (1) Dalam rangka meningkatkan efektivitas pengawasan penyelenggaraan pemenuhan Hak Anak, dengan Undang-Undang ini dibentuk Komisi Perlindungan Anak Indonesia yang bersifat independen;
 (2)  Dalam hal diperlukan, Pemerintah Daerah dapat membentuk Komisi Perlindungan Anak Daerah atau lembaga lainnya yang sejenis untuk mendukung pengawasan penyelenggaraan Perlindungan Anak di daerah.”
    Persyaratan Magang di KPAI dilaksanakan secara Online dan harus memenuhi dokumen yang diberikan dalam tahap persyaratan akademik dan Administrasi seperti:
    1. Fotocopi kartu mahasiswa sebanyak 1 lembar
    2. Surat resmi dari institusi pendidikan tentang permohonan magang yang ditujukan kepada sektretariat KPAI
    3. Proposal Magang yang berisikan latar belakang, tujuan magang, gambaran laporan akhir magang, saran dan masukan
    4. Transkrip nilai resmi minimal mahasiswa semester 5
    5. Seluruh dokumen dikirim melalui email humas@kpai.go.id

    Pelaksanaan magang dilaksanakan selama minimal 1 (satu) bulan dan maksimal 3 (tiga) bulan.

  2. Jumlah mahasiswa Magang : 1
  3. Website : https://www.kpai.go.id/

PPS-LKBH FHUI

  1. PPS-LKBH FHUI merupakan sebuah Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum yang dinaungi oleh Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan bertujuan untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan jalan membangun supremasi hukum, membantu dan memberikan pemahaman di kalangan masyarakat, baik masyarakat yang mampu maupun masyarakat yang tidak mampu, serta memberikan kontrol sosial terhadap perilaku aparat penegak hukum dalam penegakan hukum di masyarakat. Selain itu, LKBH-PPS FHUI yang didirikan pada tahun 1967 ini merupakan wadah yang dibentuk untuk melaksanakan sosialisasi produk-produk hukum, baik itu berupa Undang-undang yang dibuat Dewan Perwakilan Rakyat bersama Pemerintah, maupun Peraturan-peraturan yang berada di bawahnya kepada masyarakat secara luas.
  2. Jumlah mahasiswa Magang : 16
  3. Website : law.ui.ac.id

LKPU FHUI

  1. Lembaga Kajian Persaingan Usaha merupakan lembaga yang berada dibawah naungan Djokosoetono Riset Center FHUI memiliki bidang penelitian dan riset berkaitan dengan kajian di bidang persaingan usaha yang menjadi referensi utama Mendorong terciptanya budaya persaingan usaha yang sehat di Indonesia.
  2. Jumlah mahasiswa Magang : 1
  3. Website : law.ui.ac.id

Sekretariat Kabinet RI

  1. Sekretariat Kabinet adalah Lembaga Pemerintah yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Sekretariat Kabinet dipimpin oleh Sekretaris Kabinet. Sekretariat Kabinet mempunyai tugas memberikan dukungan pengelolaan manajemen kabinet kepada Presiden dan Wakil Presiden dalam penyelenggaraan pemerintahan.
  2. Jumlah mahasiswa Magang : 4
  3. Website : https://setkab.go.id/
Multinational Company

PT. Mayora Indah

 

  1. PT Mayora Indah Tbk atau Mayora Indah serta Mayora Group adalah salah satu kelompok bisnis produk konsumen di Indonesia, yang didirikan pada tanggal 17 Februari 1977.
  2. Jumlah mahasiswa magang : 1
  3. Link website : https://www.mayoraindah.co.id

 

Media AKUTAHU - Founder Office Assistant

 

  1. AKUTAHU.com berdiri pada pertengahan tahun 2016. Akutahu.com adalah media daring yang mempublikasikan dan memberitakan berita positif dan memiliki nilai ilmu serta pengetahuan. Kami meyakini bahwa dengan mengkonsumsi berita positif dan sehat akan membentuk dan melatih publik menjadi lebih cerdas, lebih berpengetahuan, dan berwawasan luas sehingga akan melahirkan generasi yang cerdas secara intelektual, berkarakter serta mampu membawa dampak positif bagi masyarakat luas.
  2. Jumlah mahasiswa magang : 1
  3. Link website : https://akutahu.com

 

Mola TV

 

  1. Mola adalah layanan multiplatform yang memiliki video sesuai permintaan dengan layanan over-the-top di Indonesia, Timor Leste, Malaysia, dan Singapura.
  2. Jumlah mahasiswa magang : 1
  3. Link website : https://www.mola.tv/

 

Education Institution

PT Zona Edukasi Nusantara

  1. PT Zona Edukasi Nusantara adalah perusahaan pendidikan berbasis teknologi asal Indonesia. Brand Zenius menyediakan layanan akses pendidikan dalam format video berbahasa Indonesia yang disajikan secara online melalui website dan aplikasi ponsel. Hingga Desember 2020, Zenius memiliki lebih dari 16 juta pengguna.
  2. Jumlah Mahasiswa magang : 1
  3. Website : https://www.zenius.net/

PT Orbit Ventura Indonesia (OVI)

  1. Orbit Future Academy didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup melalui inovasi, pendidikan, dan pelatihan keterampilan.
    Label atau brand Orbit merupakan kelanjutan dari warisan mendiang Dr Hasri Ainun Habibie dan Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Presiden ke-3 Republik Indonesia. Mereka berdua telah menjadi penggerak dalam mendukung perkembangan inovasi dan teknologi pendidikan di Indonesia.
  2. Jumlah mahasiswa magang : 1
  3. Website : https://orbitfutureacademy.id/

Yayasan Sekolah Ekspor Nasional

  1. Yayasan Sekolah Ekspor Nasional adalah wadah pendidikan mengenai dunia ekspor. Lebih dari 80% peserta merupakan mahasiswa atau alumni perguruan tinggi negeri dan swasta Sesuai dengan cita-cita mencetak seratus ribu eksportir baru masa depan Indonesia sekaligus untuk mengajak generasi muda Indonesia berwawasan global.
  2. Jumlah Mahasiswa Workplacement : 2
  3. Website: https://sekolahekspor.com/
Internship

No Faculty Company name Number of internships offered to your students in the last reporting year Number of work placements offered to your students in the last reporting year
1 FH Kantor Hukum Agus Amri dan Affiliates (AAA) 1
2 FH ADREM Law Firm 1
3 FH Jarot Santoso & Partners Advocates & Legal Consultant 1
4 FH Law Firm Raja & Jansen 1
5 FH Smart Legal 4
6 FH PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. 3
7 FH PT. Pertamina (Persero) 2
8 FH PT. Perusahaan Gas Negara 4
9 FH PT. Telkom Indonesia 3
10 FH PT. Wijaya Karya Beton 1
11 FH PT Adaro Energy Tbk 7
12 FH PT Jaminan Kredit Indonesia 1
13 FH PT Pertamina International Shipping 1
14 FH PT. Mayora Indah 1
15 FH Media AKUTAHU – Founder Office Assistant 1
16 FH Mola TV 1
17 FH PT. Sompo Insurance Indonesia 1
18 FH Bank Indonesia 1
19 FH Dewan Perwakilan Rakyat RI 5
20 FH Kedutaan Besar RI Indonesia di Muscat 2
21 FH Kejaksaan Negeri Bangka 1
22 FH Kejaksaan Negeri Belawan 1
23 FH Kejaksaan Negeri Jaksel 1
24 FH Kejaksaan Negeri Kota Sukabumi 2
25 FH Kejaksaan Negeri Pariaman 1
26 FH Kejaksaan RI 13
29 FH Kepolisian Negara Republik Indonesia 21
30 FH Mahkamah Agung Republik Indonesia 11
31 FH Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia 19
32 FH Ombudsman RI 2
33 FH Otoritas Jasa Keuangan 19
34 FH Pengadilan Negeri Denpasar 3
35 FH Pengadilan Negeri Samarinda 3
36 FH Pengadilan Negeri Semarang 1
37 FH Pengadilan Negeri Serang 4
38 FH Perutusan Tetap Republik Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, New York 1
40 FH KPPU 6
41 FH Komisi Perlindungan Anak Indonesia 1
42 FH PPS-LKBH FHUI 16
43 FH LKPU FHUI 1
44 FH Sekretariat Kabinet RI 4
45 FH XL Axiata 2
46 FH PT. Indosat Tbk. 2
47 FH PT. Bukalapak.com 2
48 FH Grab Indonesia 1
49 FH Bank Syariah Indonesia 1
50 FH PT. Bank DBS Indonesia 2
51 FH PT. Zona Edukasi Nusantara 1
52 FH PT. Tirta Investama 1
52 FH PT. Orbit Ventura Indonesia (OVI) 1
52 FH Yayasan Sekolah Ekspor Nasional 2
Workplacement

No

Faculty

Company name

Number of internships offered to your students in the last reporting year

Number of work placements offered to your students in the last reporting year

1

FH

LBH APIK

 

1

2

FH

Indonesia Center for Environmental Law

 

3

3

FH

Center for Sustainable Ocean Policy

 

2

4

FH

Komunitas Konsumen Indonesia

 

1

5

FH

Yayasan Inobu

 

2

6

FH

Yayasan Madani Berkelanjutan

 

2

7

FH

WALHI Indonesia

 

2

8

FH

Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik

 

2

9

FH

Akara Perempuan (Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan)

2

Dokumentasi Mahasiswa Magang