"LEX PROSPCIT, NON RESPICIT" Hukum melihat ke depan, bukan kebelakang.
Portal UI

Mahasiswa FHUI Beri Pelatihan Digital bagi Warga Desa Rawan Bencana

Fakultas Hukum Universitas Indonesia > Berita > Mahasiswa FHUI Beri Pelatihan Digital bagi Warga Desa Rawan Bencana

AKURAT.CO Sejumlah Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) yang tergabung dalam tim Pengabdian Masyarakat yang diketuai oleh Dosen FHUI, Wahyu Andrianto, menggelar kegiatan sosialisasi dan pelatihan dalam bentuk simulasi Desa Tangguh Bencana berupa Pelatihan Digitalisasi dan Penyimpanan Dokumen Penting dan Surat Berharga dalam bentuk file. Kegiatan yang diikuti oleh 40 orang perangkat desa yang terdiri dari seluruh ketua RT dan RW Desa Tunggal Jaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, akhir pekan lalu.

Pelatihan yang dimotori oleh 15 Mahasiswa FHUI ini berawal dari keluhan warga Desa Tunggal Jaya yang dirugikan akibat hilangnya dokumen penting dan surat berharga milik mereka karena sapuan gelombang tsunami Selat Sunda pada Desember 2018 silam. Sejumlah dokumen penting yang tidak berhasil diselamatkan diantaranya Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, Ijazah, Kartu Nelayan atau Kartu Tani.

Dokumen-dokumen tersebut sangat bermakna bagi masyarakat setempat karena merupakan bukti valid identitas serta dibutuhkan sebagai syarat administrasi untuk menerima bantuan dari pemerintah dan lembaga-lembaga bantuan lainnya.

Di samping itu, hilangnya sertifikat tanah, STNK dan BPKB kendaraan semakin mempersulit warga untuk membuktikan kepemilikannya terhadap tanah dan kendaraan pasca Bencana. Pada akhirnya, berdampak pada banyak kasus sengketa tanah yang muncul pasca Bencana.

Tim pengmas FHUI memberikan solusi konkret atas permasalahan tersebut melalui penerapan digitalisasi dokumen dan surat berharga yang berfungsi sebagai cadangan backup data jika dokumen asli hilang karena Bencana dan sebagainya.

“Tim kami membuat skema digitalisasi data penting dimulai dari pendataan dokumen dan surat berharga milik desa dan warga desa, pendataan tersebut kemudian akan menjadi basis data penyimpanan file dokumen asli yang telah terdigitalisasi melalui proses pemindaian elektronik,” jelas Ketua Tim, Pengmas Wahyu.

Data elektronik yang berhasil didapat kemudian akan disimpan dalam SSD (Solid State Drive) eksternal yang telah diproteksi untuk tahan banting dan tahan air. Sehingga, data tetap terproteksi dengan aman ketika terjadi Bencana.

Sumber: https://akurat.co/id-770321-read-mahasiswa-fhui-beri-pelatihan-digital-bagi-warga-desa-rawan-bencana

About the author

➖ Kampus UI Depok Jl. Prof. Mr. Djokosoetono, Kampus FHUI Gedung A Depok 16424, Jawa Barat Telepon (021) 7270003, 7863288 Faks (021) 7270052. E-mail: humas-fh@ui.ac.id & lawschool@ui.ac.id ... ➖ Kampus UI Salemba Gedung IASTH Lt. 2, Jl. Salemba Raya No.4, Jakarta 10430 Tel : (021) 31909008 Faks : (021) 39899148