"LEX PROSPCIT, NON RESPICIT" Hukum melihat ke depan, bukan kebelakang.
Portal UI

Magister Kenotariatan

Ketua Program Magister Kenotariatan

Program Magister Ilmu Hukum saat ini diketuai oleh Dr. Yuli Indrawati, S.H., LL.M. 

Profil Program

Sejak 1950 Fakultas Hukum Universitas Indonesia telah menyelenggarakan Pendidikan Notariat. Perubahan nama program pendidikan pernah beberapakali terjadi, yaitu dari Program Spesialis Notariat, kemudian menjadi Program Spesialis Notariat dan Pertanahan, dan terakhir pada  tahun 2000 sampai dengan saat ini, yaitu Program Studi Magister Kenotariatan.

Kualitas penyelenggaraan pendidikan telah diakui secara nasional dengan diperolehnya peringkat A (Baik Sekali) dalam akreditasi nasional dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) pada tahun 2010 dan tahun 2015-2020.

 

Profil Pengajar

Untuk menjaga kualitas penyelenggaraan pendidikan, Program Studi Magister Kenotariatan didukung oleh pengajar yang mumpuni dibidangnya dan memenuhi kriteria standar kompetensi pendidikan tinggi nasional. Saat ini Program Studi Magister Kenotariatan didukung oleh:

  1. 6 (enam) orang Profesor;
  2. 40 (empat puluh) orang dosen bergelar doktor;
  3. 4 (empat) orang dosen kandidat doktor; dan
  4. 16 (enam belas) orang dosen praktisi bergelar magister

 

Profil Lulusan

Program Studi Magister Kenotariatan menghasilkan lulusan Magister Kenotariatan (M.Kn) yang ahli dan mampu untuk memformulasikan fakta hukum dan norma hukum, sesuai dengan asas hukumnya pada suatu Akta, yang memiliki nilai keadilan, sesuai dengan peraturan perundang-undangan khususnya yang terkait dengan jabatan Notaris dan/atau Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) serta kode etik jabatan, dengan memperhatikan perkembangan masyarakat nasional dan internasional.

Sampai dengan saat ini, Program Studi Magister Kenotariatan FHUI telah menghasilkan banyak lulusan, yang kiprahnya yang terus meningkat di tengah masyarakat baik sebagai Notaris/Pejabat Pembuat Akta Tanah, bekerja di Instansi Pemerintahan atau bekerja di berbagai bidang hukum seperti Hakim, Jaksa, Konsultan Hukum.

 

Gelar Akademik

Lulusan Program Studi Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Universitas Indonesia berhak menyandang gelar M.Kn. yaitu Magister Kenotariatan.

 

Akreditasi

Saat ini, Program Studi Kenotariatan pada Program Magister Universitas Indonesia terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

 

Kurikulum

Kurikulum yang digunakan pada Program Studi Magister Konatariatan saat ini menggunakan 2 kurikulum yaitu kurikulum 2017 dan Kurikulum 2020. Kurikulum 2017 berlaku bagi mahasiswa angkatan 2018 dan 2019. Sedangkan untuk mahasiswa angkatan 2020 dan seterusnya akan diberlakukan kurikulum 2020. Kurikulum terbaru, yaitu kurikulum 2020 adalah kurikulum yang telah mengadopsi kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang merdeka belajar.

Implementasi merdeka belajar pada Program Studi Magister Kenotariatan diwujudkan dengan pengurangan jumlah mata kuliah wajib dan menambah mata kuliah pilihan. Hal ini dilakukan agar mahasiswa dapat memperoleh peluang yang lebih besar dalam menambah wawasan dan penguasaan akan bidang ilmu hukum lainnya, yang mendukung fungsi Notaris/PPAT. Selain itu implementasi merdeka belajar juga diwujudkan dengan memberikan pilihan tugas akhir  bagi mahasiswa yaitu Jalur Studi Kasus atau Jalur Proyek Akhir

Kurikulum 2020 dirancang untuk ditempuh dalam 4 semester, namun dapat memberikan peluang bagi mahasiswa untuk menyelesaikan studinya dalam kurun waktu 3 semester apabila mahasiswa dapat menyelesaikan tugas akhir di semester 3 bersama dengan menyelesaikan perkuliahan semester 3.

Untuk dapat dinyatakan lulus dan mendapatkan gelar akademik Magister Kenotariatan (M.Kn) mahasiswa harus menyelesaikan 26 SKS mata kuliah wajib dan minimal 14 SKS mata kuliah pilihan.

 

Keunggulan Program

Keunggulan yang dimiliki Program Studi Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Universitas Indonesia:

  1. Pengajar sesuai dengan Standar Kompetensi Pendidikan Tinggi;
  2. Office Visit Kantor Notaris/PPAT;
  3. Mata Kuliah Pilihan yang ditawarkan sesuai dengan perkembangan;
  4. Jurnal Kenotariatan Program Studi M.Kn FHUI yaitu Indonesia Notary: notary.ui.ac.id;
  5. Ruang kelas multimedia yang modern dan nyaman;
  6. Perpustakaan di FHUI dan UI dengan koleksi buku, tesis, disertasi (versi cetak dan digital);
  7. Dukungan mesin pencari database peraturan E-Clis;
  8. Kerjasama dengan berbagai Lembaga Pemerintah dan Organisasi terkait.

 

Mata Kuliah

  1. Peraturan Jabatan dan Etika Notaris
  2. Dasar-Dasar Teknik Pembuatan Akta
  3. Metode Penelitian dan Penulisan Ilmiah
  4. Pembuatan Akta Badan Hukum Non PT dan Akta Perusahaan Non Badan Hukum
  5. Pembuatan Akta Aneka Perjanjian
  6. Pembuatan Akta Perorangan dan Keluarga
  7. Pembuatan Akta Perseroan Terbatas
  8. Pembuatan Akta Aneka Pembagian dan Pemisahan Harta Warisan
  9. Pembuatan Akta PPAT
  10. Hukum Aneka Perjanjian dan Jaminan
  11. Penguasaan, Pendaftaran, dan Pengalihan Hak Atas Tanah
  12. Aspek Kenotariatan dalam Hukum Perusahaan
  13. Hukum tentang Surat Berharga dan Pasar Modal
  14. Hukum Keluarga dan Harta Perkawinan
  15. Kapita Selekta Hukum Tanah
  16. Hukum Waris
  17. Peraturan Lelang
  18. Aspek Kenotariatan Dalam Hukum Pajak
  19. Hukum Kepailitan
  20. Aspek Kenotariatan Dalam Hukum Adat
  21. Notaris dan Sistem Elektronik
  22. Pembuatan Akta Perjanjian Hak Kekayaan Intelektual
  23. Aspek Kenotariatan Dalam Hukum Perbankan
  24. Pembetulan Akta Notaris
  25. Pembuatan Kontrak Internasional
  26. Teori dan Penemuan Hukum

 

Pelaksanaan Perkuliahan

Di Kampus Depok setiap Senin – Jum’at  mulai pukul 14.00 – 19.00 WIB kecuali pada keadaan tertentu pada hari Sabtu.

 

Persyaratan

  1. Lulusan Program Sarjana 1 (S1) Sarjana Hukum dari Perguruan Tinggi Dalam Negeri, atau dari Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan ijazah yang telah dilegalisir /disetarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;
  2. Memiliki IPK yang diperoleh dalam Program Sarjana minimal 2.75 (dua koma tujuh lima);
  3. Mengisi dan memenuhi persyaratan yang terdapat pada formulir pendaftaran;
  4. Menyerahkan 1 (satu) surat rekomendasi dari instansi tempat bekerja atau perguruan tinggi asal ke email: mkn.fhui@ui.ac.id. Template surat rekomendasi dapat diunduh dari fitur penerimaan mahasiswa baru pada laman https://law.ui.ac.id/v3/program-pasca-sarjana/
  5. Lulus Ujian TPA dan Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh UI;
  6. Lulus ujian seleksi untuk materi khusus terkait Hukum Dagang, Hukum Perdata, dan Hukum Agraria yang diselenggarakan oleh Program Magister Kenotariatan FHUI. Ujian seleksi materi khusus akan diadakan pada hari Senin, tanggal 12 Juli 2021 mulai pukul 08.00 s.d selesai. Ujian akan dilakukan secara virtual dan terkait teknis pelaksanaan ujian akan diinformasikan kepada peserta setelah penutupan periode pendaftaran. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui WhatsApp: 081282768785 dan e-mail: mkn.fhui@ui.ac.id;
  7. Peserta yang telah dinyatakan lulus ujian saringan masuk Program Magister Kenotariatan tidak dapat pindah ke Program Magister Ilmu Hukum;
  8. Pendaftaran hanya dibuka untuk kelas reguler (Kampus FHUI Depok) dengan waktu perkuliahan Senin s.d. Jum’at pukul 14.00 – 19.00 WIB, kecuali pada keadaan tertentu pada hari Sabtu.

Penerimaan Mahasiswa Baru

Program Studi Magister Kenotariatan membuka kesempatan bagi para Sarjana Hukum dari Fakultas Hukum di Indonesia yang terakreditasi BAN PT untuk menempuh pendidikan di Program Magister Kenotariatan FHUI dengan mengikuti dan lulus tes yang dilaksanakan oleh Universitas Indonesia. Adapun penerimaan dilakukan setiap semesternya. Persyaratan administratif dan teknis pendaftaran dapat dilihat pada situs web penerimaan.ui.ac.id. dan simak.ui.ac.id

E-Brosur Program Magister Kenotariatan FHUI klik disini 

Informasi lebih lanjut hubungi:

Sekretariat Program Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Universitas Indonesia
Kampus FHUI Gedung E Lantai 1 Depok 16424, Jawa Barat

Telepon (021) 7270003 eks. 134
Faks (021) 7270052
e-Mail mkn@ui.ac.id