"VOX POPULI VOX DEI" Suara rakyat adalah suara Tuhan.
Portal UI

Laporan Kunjungan UIN Makassar

Fakultas Hukum Universitas Indonesia > Berita > Laporan Kunjungan UIN Makassar

Laporan Kunjungan UIN Makassar

Selasa, 24 Oktober 2017– Unit Laboratorium dan Klinik Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) menerima kunjungan dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar pada Selasa (24/10).

Kunjungan ini dikuti oleh empat perwakilan dari Fakultas Hukum UIN Makassar. Febby Mutiara Nelson, S.H., M.H. selaku Kepala Unit Laboratorium dan Klinik Hukum FHUI hadir sebagai narasumber dari kunjungan tersebut.

jkk

Adapun tujuan dari UIN Makassar dalam kunjungan kali ini ialah untuk melakukan studi banding terkait Laboratorium Hukum. UIN Makassar sendiri adalah salah satu universitas yang tertarik membuka program klinik hokum untuk menunjang ketrampilan mahasiswa dalam bidang hukum. Apabila UIN Makassar dapat membuka program klinik hokum dalam waktu dekat, maka UIN Makassar merupakan Universitas Islam pertama di Indonesia yang memiliki program klinik hukum.

Di tengah-tengah diskusi, pihak UIN Makassar memaparkan bahwa sejatinya mereka telah memiliki bibit untuk membuka program klinik hukum. Bibit yang dimaksud ini ialah mahasiswa yang telah mengikuti peradilan semu. Mahasiswa tersebut dibina kembali dengan jalan membantu pekerjaan dosen yang sekiranya membuthkan riset hukum. Selain berdiskusi tentang klinik hukum, baik narasumber maupun pihak UIN Makassar juga berbagi pengalaman masing-masing di bidang perlindungan hukum.

lksh

Setelah kurang lebih Sembilan puluh menit diskusi, akhirnya UIN Makassar menganggap sudah cukup bahan yang mereka cari untuk membuka program klinik hokum nantinya. Baik pihak FHUI maupun UIN Makassar selanjutnya bertukar cinderamata. Kemudian, Kepala Laboratorium dan Klinik Hukum mengajak para tamu menikmati makan malam di Restoran Kicir-Kicir yang berada di bagian depan FHUI. Beberapa saat setelah menyantap hidangan, pihak UIN Makassar pun berpamitan menuju tempat bermalam mereka yang ada di pusat ibukota. Tidak ketinggalan, Kepala Unit Laboratorium dan Klinik Hukum pun juga memberi saran tempat-tempat yang wajib dikunjungi selama di Jakarta.

 

 

 

 

 

 

About the author

➖ Kampus UI Depok Jl. Prof. Mr. Djokosoetono, Kampus FHUI Gedung A Depok 16424, Jawa Barat Telepon (021) 7270003, 7863288 Faks (021) 7270052. E-mail: humas-fh@ui.ac.id & lawschool@ui.ac.id ... ➖ Kampus UI Salemba Gedung IASTH Lt. 2, Jl. Salemba Raya No.4, Jakarta 10430 Tel : (021) 31909008 Faks : (021) 39899148