"LEX PROSPCIT, NON RESPICIT" Hukum melihat ke depan, bukan kebelakang.
Portal UI

FHUI Luncurkan Dua Jurnal Hukum

Fakultas Hukum Universitas Indonesia > Berita > FHUI Luncurkan Dua Jurnal Hukum

Jumat, 3 September 2021, Fakultas Hukum Universitas Indonesia meluncurkan dua jurnal hukum, yaitu “Indonesian Criminal Law Review” dan “Indonesian Journal of Socio Legal Studies”. Kedua jurnal tersebut dipimpin oleh Guru Besar FHUI, Prof. Dr. Topo Santoso, S.H., M.H. dan Prof. Dr. Dra. Sulistyowati Irianto, M.A. sebagai Editor-in-Chief.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FHUI, Dr. Edmon Makarim, S.Kom., S.H., LL.M., Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan, Prof. M. R. Andri Gunawan Wibisana, S.H., LL.M., Ph.D., Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura & Administrasi Umum, Parulian Paidi Aritonang, S.H., LL.M., MPP., dan Manajer Kerjasama Internasional dan Pengelolaan Jurnal, Arie Afriansyah, S.H., M.I.L., Ph.D. sebagai perwakilan dari FHUI.

Dalam pidato sambutan, menurut Dekan FHUI mengatakan bahwa penerbitan jurnal dalam sepuluh atau lima belas tahun lalu dapat dikatakan cukup sulit untuk menemukan sumber hukum yang berasal dari penelitan tentang hukum di Indonesia. Hal tersebut juga terpengaruh kepada para peneliti yang hingga sekarang masih mencari sumber hukum atau referensi.

“Hal ini terjadi karena penelitian hukum jarang terpublikasi melalu media jurnal yang cenderung berakhir dalam format laporan penelitian perpustakaan kampus atau instansi-instansi terkait. Namun, situasinya mungkin sekarang relatif sudah berubah setidaknya dapat ditemukan ratusan jurnal hukum di Indonesia dengan berbagai subjek dan kualitas yang tentunya beragam,” pungkasnya

Terlebih dari itu Dr. Edmon juga turut berbahagia atas peluncuran Jurnal Hukum khususnya kepada pihak-pihak terkait dalam keberhasilan penerbitan tersebut.

“Kami sangat bersyukur atas penerbitan dua jurnal pada pagi ini, para senior rekan sejahwat yang turut berkontribusi secara materil maupun moril untuk penerbitan ini. Kami berterima kasih dan mengucapkan selamat kepada Bidang Studi Hukum Masyarakat dan Pembangunan dan Bidang Studi Hukum Pidana,” tutupnya

Kegiatan ini pun turut mengundang pula Direktur Riset dan Pengembangan UI, Dede Djuhana, Ph.D mewakili Wakil Rektor UI, drg. Nurtami, Ph.D., Sp,OF(K) yang berhalangan hadir serta Ketua Asosiasi Pengelola Jurnal Hukum Seluruh Indonesia (APJHI), Dhiana Puspitawati, S.H., LL.M., Ph.D.

Ketua APJHI, Dhiana Puspitawati, Ph.D diberikan kesempatan untuk menyampaikan sepatah dua kata dalam kegiatan peluncuran jurnal ilmiah tersebut.

“Pertama-tama saya ingin menyampaikan terima kasih kepada FHUI atas undangannya pada peluncuran ini. Saya selaku Ketua Asosiasi turut berbahagia atas penerbitan dua jurnal di FHUI yaitu “Indonesian Criminal Law Review” dan “Indonesian Journal of Socio Legal Studies”.

Menurut Dhiana Puspitawati, Ph.D dua fokus keilmuwan ini merupakan bidang hukum yang saat ini sedang naik daun dengan demikian beliau sangat mengapresiasi kepada Unit Pengelola FHUI yang dimana dapat menangkap peluang tersebut sehingga besar harapannya kedua jurnal ini dapat berkontribusi untuk menambah kekayaan literasi di bidang hukum.

“Pada kesempatan ini juga saya mengundang kedua jurnal tersebut bergabung dalam APJHI guna memperluaskan pengelolaan jurnal.” Tutup Dhiana Puspiawati, Ph.D.

FHUI melalui Majalah Hukum & Pembangunan sejak tahun 1971 telah mengawali publikasi ilmiah ditingkat perguruang tinggi bidang hukum. Publikasi yang merupakan salah satu kewajiban Tri-Dharma PT, tetap menjadi komponen utama dalam kehidupan akademisi.

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan publikasi, maka pengelolaan jurnal pun menjadi komponen kehidupan lain bagi para akademisi yang perlu dilakukan secara profesional.

About the author

➖ Kampus UI Depok Jl. Prof. Mr. Djokosoetono, Kampus FHUI Gedung A Depok 16424, Jawa Barat Telepon (021) 7270003, 7863288 Faks (021) 7270052. E-mail: humas-fh@ui.ac.id & lawschool@ui.ac.id ... ➖ Kampus UI Salemba Gedung IASTH Lt. 2, Jl. Salemba Raya No.4, Jakarta 10430 Tel : (021) 31909008 Faks : (021) 39899148