"LEX PROSPCIT, NON RESPICIT" Hukum melihat ke depan, bukan kebelakang.
Portal UI

Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Kampus Prestasi

Fakultas Hukum Universitas Indonesia > Meja Dekan > Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Kampus Prestasi

Sejak lama, para mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia selalu berusaha mengharumkan nama alamamaternya dengan prestasi di berbagai ajang kompetisi baik dalam maupun luar negeri. Sebagai contoh hanya Tim Jessup FHUI yang mampu hingga tahun 2016 ini 13 kali menjadi juara 1National Round dan mewakili Indonesia di Philips C Jessup International Round di Washington DC, Amerika Serikat. Pada tahun 2007 Tim Jessup Mooting meraih penghargaan bergengsi yaitu Best Oralist First Place yang diraih Hanna Azkiya. Prestasi ini diikuti oleh Tim Vis Mooting, International Maritime Law Mooting Competition, dan Humanitarian Law Mooting. Kesemuanya adalah kompetisi internasional bergengsi.

Tim FHUI sering melaju ke babak-babak bergengsi, masuk 16 besar dunia, 8 besar dunia, bahkan di Hongkong, Tim FHUI dua kali menjadi menjadi Juara 1 dalam International Maritime Law Arbritration Moot Competition dan mengalahkan berbagai tim dari universitas besar di dunia . Di berbagai ajang tersebut, Tim FHUI sering menyabet berbagai penghargaan baik bagi tim maupun individu, seperti best oralist, best memorandum, honorable mention, dan lain sebagainya. Para mahasiwa juga berprestasi dalam ajang Model United Nations (MUN), misalnya Harvard World MUN, dan lain-lain. Prestasi-prestasi tersebut adalah persembahan dari para mahasiswa yang tergabung dalam ILMS yang didukung oleh para alumni sebagai pelatih dan pendamping.

Di dalam negeri, para mahasiswa yang tergabung dalam Lassale juga berkali kali menjuarai kompetiti peradilan semu nasional di berbagai universitas. Mereka menyabet berbagai penghargaan, baik piala bergilir, piala tetap, maupun penghargaan individual. Para mahasiswa yang tergabung dalam ILDS berkali kali menjadi juara dalam ajang lomba debat nasional di berbagai universitas. Pada tahun 2013, mereka bahkan menyabet Juara Regional dan Juara Nasional Kejuaraan paling bergensi yaitu Kompetisi Peradilan Semu nasional yang diadakan oleh Mahkamah Konstitusi. Pada bulan April Tahun 2016 mereka menjadi Juara 1 kompetisi yang sama di Regional Barat. Di luar ketiga organisasi tersebut, para mahasiswa FHUI juga menjadi juara di ajang lomba Legal Drafting, Constitutional Drafting, Analisis Putusan, Karya Tulis Ilmiah, Undergraduate Workshop, dan berbagai lomba lainnya. Lembaga LK2 dan ALSA banyak mengkuti berbagai lomba tersebut.

Salah satu prestasi luar biasa juga diukir mahasiswa FHUI di ajang pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mapres). Pada Tahun 2014, mahasiswa FHUI, Andhika Putra Sudarman berhasil menjadi Juara 1 Tingkat UI dan Nasional. Masih banyak prestasi lain yang diukir mahasiswa, termasuk di tingkat universitas, baik di bidang ilmiah, seni, maupun olahraga yang diorganisir oleh BEM FHUI. Itu semua belum termasuk lebih dari 130 kegiatan per tahun yang diselenggarakan para mahasiswa.

Jadi, di luar prestasi akademik mahasiswa yang meningkat, para mahasiswa masih bisa berprestasi di berbagai bidang, nasional maupun internasional. Mahasiswa tidak hanya belajar pengetahuan, keterampilan hukum dan juga nilai nilai, tetapi juga menyalurkan berbagai bakatnya. Mereka mengharumkan nama FHUI, UI, bahkan nama Indonesia di luar negeri.

About the author

➖ Kampus UI Depok Jl. Prof. Mr. Djokosoetono, Kampus FHUI Gedung A Depok 16424, Jawa Barat Telepon (021) 7270003, 7863288 Faks (021) 7270052. E-mail: humas-fh@ui.ac.id & lawschool@ui.ac.id ... ➖ Kampus UI Salemba Gedung IASTH Lt. 2, Jl. Salemba Raya No.4, Jakarta 10430 Tel : (021) 31909008 Faks : (021) 39899148