"VOX POPULI VOX DEI" Suara rakyat adalah suara Tuhan.
Portal UI

Seratus Hari Pertama Periode 2013-2017

Fakultas Hukum Universitas Indonesia > Meja Dekan > Seratus Hari Pertama Periode 2013-2017

Kita bersyukur kepada Allah SWT, setelah melewati 100 hari atau kurang lebih tiga bulan (Januari-Maret 2014) manajemen Fakultas Hukum Universitas Indonesia yang baru, telah cukup banyak perubahan yang kita alami di Fakultas Hukum tercinta ini. Perkuliahan telah berjalan dengan baik dan pekan lalu hampir seluruh mata kuliah telah menjalankan Ujian Tengah Semester (UTS).

Salah satu perubahan dari pelayanan akademik adalah dengan dipusatkannya sekretariat administrasi akademik program sarjana, baik regular, parallel, ekstensi maupun kelas khusus internasional (KKI) ke dalam satu lokasi di Gedung A Lantai 2. Hal ini memudahkan bagi manajer pendidikan dan kemahasiswaan, para pimpinan program studi dan sub program studi serta stafnya melakukan koordinasi. Di samping ruangan dan loket akademik tersebut, di lokasi yang berdekatan juga telah tersedia Loket Pelayanan Kegiatan Kemahasiswaan Terpadu yang memudahkan setiap lembaga kemahasiswaan di FHUI mengajukan usulan kegiatan dan peminjaman ruangan. Khusus untuk memfasilitasi lembaga-lembaga kemahasiswaan, maka renovasi ruangan Student Center (SC) telah dapat diselesaikan di gedung F sehingga lembaga-lembnaga kemahasiswaan telah memiliki ruangan masing-masing. Memang belum sepenuhnya dapat tertampung, mengingat jumlah lembaga kemahasiswaan yang banyak, tetapi sudah semakin baik.

Konsolidasi managemen, evaluasi pelaksanaan program terus dilakukan agar FHUI semakin membaik. Pelaksanaan rapat masing-masing bidang telah dilakukan, baik bidang 1 yang meliputi pendidikan, riset, pengabdian masyarakat serta kemahasiswaan; maupun bidang 2 yang meliputi administrasi umum, fasilitas, keuangan, dan Sumber Daya Manusia. Aspek Rencana Pengembangan serta Penjaminan Mutu juga mendapat perhatian. Untuk konsolidasi, jajaran managemen FHUI juga telah mengadakan kegiatanCapacity Building serta secara rutin mengadakan Coffee Morning (dengan dosen dan karyawan, sertaAfternoon Tea dengan mahasiswa yang akan diadakan rutin tiap dua bulan. Juga dilakukan kerja bakti bersama tiap tiga bulan.

Di samping itu FHUI terus berusaha meningkatkan aspek Humas dan Media– antara lain dengan revitalisasi website dan pembuatan akun Facebook dan Twitter resmi FHUI, yang dilakukan sejak Februari yang lalu, Peningkatan komunikasi internasl melalui teknologi informasi masih terus diupayakan optimalisasinya. Diharapkan pada akhir bulan Mei, sebagian besar komunkasi internal (termasuk informasi kerja dan disposisi pimpinan kepada unit terkait) dapat dilakukan melalui jaringan teknologi informasi. Sehingga di manapun pejabat atau staf berada selalu dapat mengakses informasi dan memberikan tanggapan secara cepat.

Pada saat ini dan juga beberapa waktu mendatang, beberapa ruangan mengalami perubahan, renovasi dan alih fungsi. Ruangan kelas bertambah, yakni 2 ruangan di gedung C lantai 1 dan 4 ruangan kelas di Gedung F lantai 1 (sebelumnya Ruang PDH, student center dan sekretariat KKI). Koleksi Pusat Dokumentasi Hukum kini seluruhnya telah dipindahkan ke ruangan Sudiman Kartohadiprodjo (Gedung B lantai dasar/perpustakaan lama). Seluruh koleksi ini ditambah koleksi ruang baca FHUI kini dapat dinikmati bersama di ruangan tersebut, yang kini dikelola oleh Pusat Dokumentasi dan Informasi Hukum (PDIH) FHUI. Karena pelayanan administrasi akademik sub-program paralel dan ekstensi sudah dipindah ke ruangan pelayanan baru di Gedung A, berdampingan dengan pelayanan akademik sub-program reguler, maka bekas ruangan paralel dan ekstensi kini sedang direnovasi menjadi ruang Moot Courtbaru sumbangan alumni yang akan menjadi Moot Court kedua yang kita miliki.

Pada waktu yang tidak terlalu lama kita segera akan membuat dua ruang meeting baru yangrepresentative yaitu satu di bekas ruangan Faculty Lounge, di samping Dekanat dan satu lagi di ruangan bekas Tata Usaha di sekitar Lobby Gedung A FHUI. Kedua ruangan tersebut dapat digunakan untuk rapat, focus group discussion, seminar dan sebagainya. Sebagai pengganti ruang Faculty Lounge, nantinya di dekat lobby, ruangan sekretariat Senat Akademik Fakultas (SAF) dan Dewan Guru Besar (DGB) FHUI akan dialihfungsikan menjadi Ruang Faculty Lounge dan Ruang Tunggu Dosen Tamu atau narasumber. Sedangkan sekretariat SAF dan DGB FHUI akan dipndahkan ke ruangan-ruangan yang khusus individual guru besar di Gedung B lantai dasar di sekat Ruang PDIH FHUI.

Untuk para guru besar FHUI, saat ini sudah tersedia dan sudah digunakan 7 ruangan individual para guru besar dan 6 ruangan lagi segera di buat akhir April ini sehingga di Gedung B lantai dasar digunakan sebagai ruangan-ruangan khusus para guru besar yang mengapit ruang PDIH, di mana di antaranya terdapat meja dan kursi untuk ruang baca dan diskusi mahasiswa. Keseluruhan renovasi ruang guru besar itu sumbangan dari seorang alumni FHUI.

Dalam periode tiga bulan pertama ini, juga telah rampung renovasi Auditorum Djokosoetono yang sebagian dananya diambil dari anggaran FHUI dan sebagian sumbangan dari Bapak dr. H. Poernomo Prawiro sebagai seorang stakeholder dan pendukung utama FHUI yang telah banyak memberikan sumbangan selama ini. Baik untuk renovasi ruangan, dukungan penerbitan buku, beasiswa bagi mahasiswa, peningkatan kapasitan jaringan internet, dan sebagainya. Ruangan Auditorium kini telah dapat digunakan sebagai ruangan kuliah maupun berbagai kegiatan lainnya.

Telah selesainya lift dan jembatan di antara Gedung C dan E para periode sebelumnya, yang diusmbang oleh Iluni FHUI, telah terbukti sangat membantu mahasiswa, dosen dan karyawan. Pada tahun ini direncanakan akan ditambah satu lift baru di Gedung D. Jika itu terlaksana, maka sebagain besar ruang kelas dapat diakses lebih mudah. Ke depan, berbagai renovasi dan perbaikan masih akan terus dilakukan, agar suasana kampus makin kondusif bagi pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.

Unit baru di dalam manajemen FHUI adalah Laboratorium, Klinik Hukum dan Kompetisi Mahasiswa semakin menunjukkan kinerja yang positif dalam memberikan berbagai dukungan kepada mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan praktik dan meningkatkan kapasitas dalam prestasi kompetisi kemahasiswaan. Berbagai kompetisi mahasiswa yang diikuti menunjukan performa mahasiswa yang makin baik.

Mahasiswa FHUI telah menjadi Juara I Kompetisi Debat Konstitusi yang diadakan oleh Mahkamah Konstitusi di Regional Tengah di UNS Solo dengan mengalahkan UIN SUnan Kalijaga, Jogjakarta (Juara Nasional tahun 2013 lalu) di final. Dalam kompetisi lainnya mahasiswa kita juga berhasil masuk final dalam lomba analisis putusan yang diadakan oleh Mahkamah Agung, serta menjadi Juara dalam Lomba Nasional Consitutional Drafting dalam Padjajaran Law Fair di Bandung. Sebagian mahasiswa kita juga berhasil dalam lomba penulisan ilmiah dan sebagainya.

Mahasiswa kita juga menjadi Juara I National Round untuk Mooting Philips C. Jessup dan berhak mewakili Indonesia ke International Round di Washington DC, Amerika Serikat pada pertengahan April lalu dan berhasil masuk dalam 32 besar, dari ratusan universitas sedunia yang ikut serta. Mahasiswa kita juga berhasil menjadi Juara I dalam pre-moot VIS di Republik Ceko dan Juara II di Bulgaria serta masuk sebagai Finalis (64 besar) dalam VIS Mooting di Wina, Austria dengan mengalahkan Yale University. Sebagian dari mahasiswa kita berhasil menyabet penghargaan best oralist dalam kejuaraan-kejuaraan internasional tersebut.

Pada periode ini, sebagai tuan rumah mahasiswa juga mengadakan kompetisi bergengsi yakni Mutiara Djokosoetono (yang sudah menyelesaikan kegiatan pra-kompetisinya bulan lalu) serta sukses mengadakan Lomba Nasional Sciencesational 2014 yang diikuti puluhan universitas dan SLTA dari seluruh Indonesia memperebutkan Piala Bergilir Lomba Debat Hukum Nasional Piala Prof. Erman Rajagukguk dan Piala bergilir Dekan FHUI untuk kompetisi penulisan ilmiah.

Di samping berbagai hal di atas, managemen FHUI juga meningkatkan hubungan dengan alumni dalam berbagai hal. Selama ini dukungan dari alumni memang makin meningkat. Di samping dengan alumni, FHUI juga makin meningkatkan hubungan dengan banyak perguruan tinggi negeri dalam wadah Badan Kerjasama (BKS) PTN se-Indonesia, serta dengan beberapa Fakultas Hukum Perguruan Tinggi Swasta.

Semoga semangat untuk perbaikan FHUI makin meningkat di hari-hari mendatang. Kepada para mahasiswa FHUI selamat mengikuti kuliah hingga akhir semester nanti dan mempersiapkan dengan baik Ujian Akhir Semester. Kepada para staf pengajar, semoga makin semangat dalam memberikan perkuliahan. Kepada para tenaga kependidikan, semoga makin semangat dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

Semoga pendidikan hukum di seluruh Indonesia dapat meningkat dan memberikan andil yang besar dalam menghasilkan para calon penegak hukum dan praktisi hukum yang memiliki kapasitas dan integritas.

Dekan FHUI,

 

Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia

Prof. Dr. Topo Santoso, SH, MH.

About the author

➖ Kampus UI Depok Jl. Prof. Mr. Djokosoetono, Kampus FHUI Gedung A Depok 16424, Jawa Barat Telepon (021) 7270003, 7863288 Faks (021) 7270052. E-mail: humas-fh@ui.ac.id & lawschool@ui.ac.id ... ➖ Kampus UI Salemba Gedung IASTH Lt. 2, Jl. Salemba Raya No.4, Jakarta 10430 Tel : (021) 31909008 Faks : (021) 39899148