"JUDEX SET LEX LAGUENS" Sang Hakim adalah hukum yang berbicara.
Portal UI

Prof. Hikmahanto Menerima Penghargaan dari Menteri Luar Negeri Jepang

Fakultas Hukum Universitas Indonesia > Berita > Prof. Hikmahanto Menerima Penghargaan dari Menteri Luar Negeri Jepang

Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M, Ph.D., meraih penghargaan internasional dari Menteri Luar Negeri Jepang sebagaimana Press Release yang dikeluarkan oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia pada tanggal 4 Agustus 2022.  Penghargaan Kementerian Luar Negeri Jepang tahun 2022 ini diberikan kepada 2 (dua) Warga Negara Indonesia (WNI) yang keduanya merupakan dosen UI. Selain, Prof. Hikmahanto Juwana, penghargaan juga diberikan kepada Prof. Dr. Bambang Wibawarta, M.A., Guru Besar Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI.

Penghargaan kepada Prof. Hikmahanto diberikan atas jasa-jasa beliau dalam memberikan sumbangsih terhadap peningkatan saling pengertian antara Jepang dan Indonesia. Prof. Hikmahanto, dosen di Bidang Studi Hukum Internasional FHUI merupakan seorang tokoh hukum internasional di Indonesia. Kiprah Prof. Hikmahanto selama ini dinilai telah membantu Kedutaan Besar Jepang dalam melaksanakan studi kebijakan luar negeri dengan berbagi pengetahuan dan pandangan yang bermanfaat mengenai isu-isu regional. Selain itu, Prof. Hikmahanto juga memberikan sumbangsih besar terkait kerjasama dalam mempromosikan pemahaman masyarakat Indonesia mengenai gagasan “Indo-Pasifik yang Bebas dan Terbuka (Free and Open Indo-Pacific)” yang diutamakan oleh Jepang, melalui lokakarya kemaritiman yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia dengan sukses.

Prof. Hikmahanto menyampaikan apresiasi atas penghargaan Menteri Luar Negeri Jepang ini, beliau menyatakan bahwa apa yang dilakukan selama ini sebenarnya untuk menyuarakan kepentingan Indonesia. “Saya sangat mengapresiasi penghargaan dari Menteri Luar Negeri Jepang ini, karena sebenarnya saya menyuarakan kepentingan Indonesia, yaitu Indo-Pasifik harus dijaga terkait dengan pelayaran internasional. Saya berharap, kita di Indo-Pasifik menjadi lebih aman. Selain itu, sebagai alumni UI, saya juga sebagai alumni Keio University, Jepang, penghargaan ini merupakan penghargaan yang luar biasa,” ujar Prof. Hikmahanto.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Dr. Edmon Makarim, S.Kom., S.H., LL.M., menyampaikan rasa syukur atas penghargaan ini dan sekaligus apresiasi yang setinggi-tinggi kepada Prof. Hikmahanto. “Kiprah Prof. Hik sebagai Dosen maupun Guru Besar FHUI telah memberikan konstribusi nyata atas peningkatan saling pengertian antara Jepang dan Indonesia, serta pemahaman masyarakat mengenai gagasan Indo-Pasifik yang Bebas dan Terbuka,” ujarnya. Dekan juga menyampaikan harapan agar penghargaan dari Menlu Jepang untuk Prof Hikmahanto juga menjadi penyemangat bagi dosen FHUI lain untuk terus meningkatkan kiprah dan kontribusi pengetahuannya untuk masyarakat luas.

Penghargaan Menteri Luar Negeri Jepang diberikan kepada para pihak yang berkiprah di berbagai bidang dan memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan hubungan persahabatan antara Jepang dengan sejumlah negara termasuk Indonesia. Pemberian penghargaan Menteri Luar Negeri Jepang ini bertujuan untuk menyampaikan apresiasi Pemerintah Jepang atas jasa-jasa dari individu maupun organisasi yang telah berkontribusi besar yang istimewa terhadap peningkatan hubungan persahabatan, serta dimaksud untuk mengajak masyarakat Jepang maupun Indonesia agar dapat lebih memahami dan mendukung kegiatan-kegiatan mereka. Para penerima penghargaan akan menerima piagam Penghargaan dari Menteri Luar Negeri Jepang.

About the author

➖ Kampus UI Depok Jl. Prof. Mr. Djokosoetono, Kampus FHUI Gedung A Depok 16424, Jawa Barat Telepon (021) 7270003, 7863288 Faks (021) 7270052. E-mail: humas-fh@ui.ac.id & lawschool@ui.ac.id ... ➖ Kampus UI Salemba Gedung IASTH Lt. 2, Jl. Salemba Raya No.4, Jakarta 10430 Tel : (021) 31909008 Faks : (021) 39899148