"JUDEX SET LEX LAGUENS" Sang Hakim adalah hukum yang berbicara.
Portal UI

Kelas Credit Earning Fakultas Hukum Universitas Indonesia

Fakultas Hukum Universitas Indonesia > Pengumuman > Kelas Credit Earning Fakultas Hukum Universitas Indonesia

 

Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, Fakultas Hukum UI akan menyelenggarakan Program Credit Earning pada Program Studi Ilmu Hukum Pendidikan Sarjana di Semester Genap TA 2020/2021. Credit Earning ini akan dilaksanakan pada 5 (lima) mata kuliah yang ditawarkan untuk umum atau bukan mahasiswa UI. Kelima mata kuliah tersebut adalah sebagai berikut.

 

No

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

1

LWET600164

Hukum Kesehatan

2

2

LWIA600138

Hukum Ekonomi Islam

2

3

LWIA600136

Hukum Pidana Islam

2

4

LWMP601208

Hukum, Keadilan dan Globalisasi

2

5

LWAN600903

Hukum Perubahan Iklim

2

 

Merdeka Belajar – Kampus Merdeka merupakan kebijakan yang dibuat oleh Pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam rangka menyiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat.[1] Salah satu bentuk kegiatan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka adalah memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar program studi. Mendukung kebijakan tersebut, Fakultas Hukum UI akan menyelenggarakan Program Credit Earning pada Program Studi Ilmu Hukum Pendidikan Sarjana.

Program Credit Earning adalah program perolehan kredit mata kuliah dari perguruan tinggi lain. Fakultas Hukum UI menawarkan beberapa mata kuliah kepada masyarakat untuk mendapat ilmu pengetahuan di bidang hukum dan memperoleh kredit sesuai dengan ketentuan yang berlaku di UI dan FHUI. Program ini dilaksanakan pada Program Studi Ilmu Hukum Pendidikan Sarjana pada Semester Genap TA 2020/2021. Peserta yang dapat mengikuti program ini adalah mahasiswa non-UI dan non-mahasiswa, sesuai dengan persyaratan peserta pada masing-masing mata kuliah.

Program Credit Earning pada Semester Genap TA 2020/2021 akan diselenggarakan untuk lima mata kuliah yaitu Hukum Kesehatan, Hukum Ekonomi Islam, Hukum Pidana Islam, Hukum, Keadilan dan Globalisasi, dan Hukum Perubahan Iklim dengan waktu pendaftaran tanggal 10-18 Februari 2021 melalui link pendaftaran yang telah disiapkan. Pelaksanaan, syarat, dan deskripsi dari masing-masing mata kuliah adalah sebagai berikut.

 

  1. Hukum Kesehatan

Kode MK                       : LWET600164

SKS                                : 2

Jadwal                           :  (1) Selasa, 08.00 – 09.40

                                           (2) Selasa, 11.00 – 12.40

                                           (3) Selasa, 17.00 – 18.40

Bahasa pengantar        : Bahasa Indonesia (pada jadwal kuliah (1) dan (2)

                                            dan Bahasa Inggris (pada jadwal kuliah (3))

Syarat peserta               : Tenaga Kesehatan dan Medis

Media pembelajaran   : Daring

Deskripsi MK                : Menjelaskan pengertian-pengertian dalam Hukum Kesehatan, prinsip-prinsip dan ketentuan-ketentuan hukum yang secara langsung maupun tidak langsung berhubungan dengan bidang pemeliharaan kesehatan (health care), termasuk ketentuan dan teori hukum mengenai tanggung jawab para tenaga kesehatan dan sarana kesehatan dari segi etika profesi maupun segi hukum, serta penyelesaian terhadap permasalahan hukum yang timbul sehubungan dengan perkembangan ilmu dan teknologi yang pesat di bidang kedokteran.

 

  1. Hukum Ekonomi Islam

Kode MK                       : LWIA600138

SKS                                 : 2

Jadwal                            : Selasa, 08.00 – 09.40

Bahasa pengantar        : Bahasa Indonesia

Syarat peserta               : Mahasiswa S1 Hukum yang berstatus aktif

Media pembelajaran   : Daring

Deskripsi MK               : Mata kuliah ini membahas hukum Islam di bidang perekonomian dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku pada lembaga-lembaga ekonomi Islam di Indonesia, sistem ekonomi Islam, sumber hukum dan dasar filosofis, nilai dasar, nilai instrumental, prinsip dan faktor ekonomi Islam, perkembangan operasional pada lembaga ekonomi Islam antara lain bank Islam, asuransi Islam, pasar modal Islam, lembaga zakat, lembaga wakaf dan badan penyelesaian sengketa ekonomi Islam.

 

  1. Hukum Pidana Islam

Kode MK                       : LWIA600136

SKS                                 : 2

Jadwal                            : Rabu, 08.00 – 09.40

Bahasa pengantar        : Bahasa Indonesia

Syarat peserta               : Mahasiswa S1 Hukum yang berstatus aktif

Media pembelajaran   : Daring

Deskripsi MK                : Mata kuliah ini membahas Hukum Pidana Islam secara umum yaitu tujuan mempelajarinya, posisi hukum pidana Islam dalam hukum pidana nasional, tujuan hukum pidana Islam, asas-asas penting, sumber-sumber hukum, kaitannya dengan isu-isu HAM, moral dan keadilan, berlakunya hukum pidana Islam, jenis-jenis tindak pidana dan ancaman pidana, tujuan atau filosofi pemidanaan, masalah percobaan, penyertaan dan gabungan tindak pidana, pertanggungjawaban pidana dan dasar penghapus pidana, serta beberapa isu sekitar hukum pidana Islam.

 

  1. Hukum, Keadilan dan Globalisasi

Kode MK                       : LWMP601208

SKS                                 : 2

Jadwal                            : Rabu, 08.00 – 09.40

Bahasa pengantar        : Bahasa Indonesia

Syarat peserta              : Terbuka untuk umum

Media pembelajaran   : Daring

Deskripsi MK               : Globalisasi merupakan sebuah proses/keadaan yang membuat situasi dunia saat ini saling berkelindan (interdependent). Tidak dapat dipungkiri globalisasi telah mendorong pemikiran ulang di berbagai bidang, termasuk mengenai hukum dan keadilan. Pada mata kuliah ini mahasiswa akan diajak untuk menyelidiki hubungan antara hukum dan berbagai institusi politik, sosial dan ekonomi yang ada. Selain itu, kami akan mengajak mahasiswa untuk berdiskusi secara aktif mengenai perdebatan akademik seputar isu globalisasi, keadilan dan dampak yang ditimbulkannya di berbagai bidang hukum. Beberapa topik penting yang akan dibicarakan dan didiskusikan dalam mata kuliah ini adalah pluralisme hukum, migrasi, akses keadilan bagi kelompok miskin, serta berbagai dampak ekonomi yang ditimbulkan oleh globalisasi.

 

  1. Hukum Perubahan Iklim

Kode MK                       : LWAN600903

SKS                                 : 2

Jadwal                            : Rabu, 10.00 – 11.40

Bahasa pengantar        : Bahasa Indonesia

Syarat peserta               : Terbuka untuk umum

Media pembelajaran   : Daring

Deskripsi MK                : Mata kuliah ini akan membahas mengenai aspek hukum terkait perubahan iklim, seperti UNFCCC, Protokol Kyoto, Doha Amendment, Paris Agreement, kebijakan perubahan iklim di Indonesia, dan litigasi perubahan iklim.

 

Penutup

Program Credit Earning yang dilaksanakan FHUI merupakan program yang memberi akses pendidikan bagi masyarakat Indonesia. Diharapkan program ini dapat memberi kontribusi keilmuan dan menambah wawasan yang bermanfaat untuk kehidupan masyarakat dan Indonesia.

[1] Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, “Buku Panduan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka,” 2020, hlm. 2.

About the author

➖ Kampus UI Depok Jl. Prof. Mr. Djokosoetono, Kampus FHUI Gedung A Depok 16424, Jawa Barat Telepon (021) 7270003, 7863288 Faks (021) 7270052. E-mail: humas-fh@ui.ac.id & lawschool@ui.ac.id ... ➖ Kampus UI Salemba Gedung IASTH Lt. 2, Jl. Salemba Raya No.4, Jakarta 10430 Tel : (021) 31909008 Faks : (021) 39899148