Publikasi

Badan Penerbit Fakultas Hukum Universitas Indonesia

Badan Penerbit Fakultas Hukum Universitas Indonesia (BP-FHUI) adalah lembaga penerbitan yang dikelola oleh Fakultas Hukum Universitas Indonesia. BP-FHUI berfokus pada penerbitan buku-buku terkait ilmu hukum. Sebagian besar buku yang diterbitkan oleh BP-FHUI merupakan buku-buku yang ditulis sendiri oleh sivitas akademika dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Walaupun demikian, tidak tertutup kemungkinan bagi pihak luar untuk turut menerbitkan karyanya bersama BP-FHUI.

Selain buku-buku, BP-FHUI juga menerbitkan Jurnal Hukum dan Pembangunan setiap tiga bulan sekali.

Jurnal Hukum dan Pembangunan

Jurnal Hukum dan Pembangunan merupakan jurnal tri bulanan yang diterbitkan oleh Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Jurnal ini telah lama dikenal dan merupakan jurnal ilmiah hukum tertua di Indonesia yang mulai dterbitkan sejak Agustus 1971 dengan nama “Majalah Fakultas Hukum Universitas Indonesia” dan sejak tahun 1977 berubah menjadi “Majalah Hukum dan Pembangunan” hingga akhir 2004.

Perubahan nama menjadi “Jurnal Hukum dan Pembangunan” sejak Januari 2005 dimaksudkan untuk mempertegas dan memperkokoh eksistensi yang sejak awal terbitnya dimaksudkan sebagai jurnal ilmiah hukum di Indonesia yang terbuka luas bagi komunitas hukum di manapun untuk menuangkan pemikiran dan ide-ide kritis-konstruktif berkaitan dengan pengembangan hukum dan pembangunan. Tulisan-tulisan di dalam Jurnal Hukum dan Pembangunan merupakan pendapat pribadi para penulisnya dan bukan merupakan representasi pendapat dari redaksi ataupun Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Indonesia Law Review

Indonesia Law Review (ILREV) merupakan insiatif dari Djokosoetono Research Center (DRC) Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Tujuan utama dari penerbitan ILREV adalah untuk memfasilitasi diskusi-diskusi, baik keilmuan maupun keprofesian (praktik), mengenai perkembangan-perkembangan dari isu-isu hukum terkini di Indonesia dan untuk memublikasikan riset-riset inovatif terkait ilmu hukum dan tata hukum di Indonesia. ILREV dipublikasikan secara eksklusif dalam bahasa Inggris dengan tujuan untuk memperluas cakupan diskurus hukum di Indonesia sehingga dapat pula melibatkan kontributor-kontributor di berbagai belahan dunia yang dalam kesehariannya menggunakan Bahasa Inggris.

Pembahasan di dalam ILREV secara mendasar berisikan topik-topik terkait pranata hukum di Indonesia. Kebaharuan dari isu-isu hukum yang dibahas merupakan salah satu prioritas agar sebuah tulisan dapat dimuat di ILREV. Cakupan pembahasan yang dimuat di dalam ILREV merupakan hasil riset dan tulisan sarjana-sarjana hukum dari berbagai disiplin ilmu hukum seperti hukum perdata maupun publik, hukum internasional yang berkaitan dengan kondisi Indonesia, maupun beberapa pendekatan dalam mengaji ilmu hukum seperti perbandingan hukum, hukum dan ekonomi, sosiologi hukum dan antropologi hukum serta masih banyak lagi. Pengkajian hukum yang lebih spesifik seperti hukum bisnis, hukum teknologi dan hukum terkait pengelolaan sumber daya alam juga menjadi cakupan bahasan yang memungkinkan untuk dimuat di dalam ILREV.

Rekomendasi dari editor untuk cakupan isu-isu riset yang spesifik akan diberikan untuk setiap penerbitan ILREV di bulan April, Agustus dan Desember.

Indonesian Journal of International Law

International Journal of International Law (IJIL) adalah jurnal yang dikelola oleh Lembaga Pengkajian Hukum Internasional (LPHI) Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Tulisan-tulisan atau materi-materi pembahasan yang dimuat dalam IJIL berfokus pada Pengkajian isu-isu hukum internasional terutama yang berkaitan langsung dengan tatanan hukum di Indonesia baik yang terkait hukum publik internasional maupun hukum keperdataan internasional.

Dewan redaktur IJIL terdiri dari akademisi-akademisi terkemuka hukum internasional yang sebagian besar adalah sivitas akademika dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Hal ini menjadi salah satu faktor IJIL sebagai jurnal prestisius di Indonesia dalam hal Pengkajian hukum internasional. Tulisan-tulisan yang dimuat di IJIL diprioritaskan pada pembahasan terkini dari perkembangan hukum internasional terutama yang berkaitan dengan tatanan hukum di Indonesia. Sejak tahun 2009, IJIL telah dikukuhkan sebagai jurnal internasional oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Republik Indonesia. Berkaitan dengan hal tersebut, publikasi tulisan di IJIL dibuat pula dalam versi bahasa Inggris dengan tujuan memperluas kesempatan pada kontributor-kontributor asing yang dalam keseharian menggunakan bahasa Inggris juga agar setiap terbitan IJIL dapat dibaca secara lebih luas oleh penggiat hukum internasional di luar negeri yang tertarik pada isu-isu hukum di Indonesia.